tokoternak.com

tempatnya beternak

Kegiatan-kegiatan selama Periode pemanasan (Brooding Period)

Kegiatan-kegiatan selama Periode pemanasan (Brooding Period) Kegiatan-kegiatan selama Periode pemanasan (Brooding Period) – Dalam dunia peternakan periode pemanasan adalah periode awal masa pemeliharaan ayam dengna temperature hangat sapanjang hari, hal ini sangat penting dilakukan oleh seorang peternak, karena akan sangat menentukan sekali keberhasilan perkembang ayam pada periode berikutnya.

Sebenarnya secara alami, DOC akan dierami oleh Induknya. Akan tetapi di peternakan DOC akan diberikan kehangatan dengan menggunakan alat pemanasan yang disebut brooder. sebab masa ini ialah masa kritis bagi siklus kehidupan DOC yang mengalami proses adaptasi dengan lingkungan.

Nah, berikut ini kami, tokoternak(.)com akan menguraikan sedikit, apa saja kegiatan-kegiatan selama periode pemanasan (Brooding Period) yang akan dilakukan oleh peternak, berikut;

  • Menyalakan Pemanasan

Ada baiknya hal yang dilakukan oleh peternak sebelum menggandangkan DOC untuk segera memanaskan kandang DOC tersebut dengan cara menyalakan alat pemanas selama 4-6 jam atau idealnya itu 1 hari. Jika hal ini tidak dilaksanakan, maka akan terjadi kesahalan fatal. Masih banyaknya ditemui para peternak yang belum paham masalah ini, peternak biasanya menyalakan pemanas berbarengan dengan masuknya DOC, sehingga DOC tidak bisa beradaptasi dan mengalami syok, stress dan lain-lain.Kegiatan-kegiatan selama Periode pemanasan (Brooding Period)

 

  • Menyiapkan Air Minum

Usahakan menyiapkan air terlebih dahulu berbarengan dengan menyalakan pemanas, hal ini dilakukan agar temperature air itu seperti hangat kuku, letakan tempat air berselang-selang dengan makanan. Disaat itu pula campurlah air tersebut dengan vitamin, antibiotic, air gula aren pada 6-8 jam pertama saat pertama kali DOC dimasukan ke dalam kandang.

 

  • Memeriksa keadaan DOC baik Secara Kualitas maupun Kuantitas.

Hal pertama yang harus dilakukan oleh peternak ialah memeriksa keadaan DOC baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Pertama-tama saat DOC di tempatkan di kandang yang sudah hangat, peternak harus mengajarkan DOC untuk minum, ini sangat penting dilakukan, peternak harus memastikan bahwa semua DOC sudah bisa minum, dengan cara mengetuk-ngetuk tempat minum.

Jika kita mendapati kualitas DOC tidak baik, maka segera membuat berita acara, dan meminta untuk mengganti DOC dengan yang bagus, karena menerima DOC jelek sama saja menghabiskan uang saja.Kegiatan-kegiatan selama Periode pemanasan (Brooding Period)

 

  • Memberi Pakan DOC,

Jika peternak sudah bisa memastikan bahwa DOC tersebut sudah berada pada tempat yang memiliki temperature yang sesuai untuk DOC langkah berikutnya ialah member pakan pada DOC. Untuk pemberian pakan ini sebenarnya ada dua cara, yang pertama pemberian pakan bisa dilakukan ketika 4-12 jam ketika seluruh DOC di tebar di dalam kandang lingkaran, akan tetapi bagi DOC modern pemberian pakan beberapa jam sebelum DOC dimasukan.

Pemberian Pakan pada awal untuk DOC (early feeding) sangat menentukan perkembangan ayam ke depannya. Pakan yang diberikan pun ialah pakan jenis prestarter dan starter.

 

  • Mengontrol Temperatur Kandang

Diawal-awal, selama proses pemanasan kandang, peternak harus sering-sering mengontrol temperature suhu di kandangan lingkaran. Pengontrolan tersebut dapat dilakukan dengan melihat thermometer. Menentukan temperature yang ideal biasanya bisa dilihat dari tingkah laku DOC misalnya sebagai berikut;

  1. DOC mendekati pemanas, berarti temperature terlalu dingin
  2. DOC menjauhi pemanas itu artinya temperature terlalu panas
  3. DOC aktif dan menyebar itu pertanda temperature idel
  4. Jika DOC berada dalam satu sisi dan bergerombol itu pertanda ada hembusan angin yang masuk dari satu arah.
Updated: March 9, 2016 — 3:50 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme