tokoternak.com

tempatnya beternak

Jenis-Jenis Komunikasi Bisnis yg Wajib Diketahui

Komunikasi Bisnis,Bisnis tak sekedar cari untung semata dari aktivitas jual-beli, tetapi membangun komunikasi harmonis dari produsen ke konsumen dan sebaliknya. Oleh karena itu ada sebuah istilah ‘Komunikasi Bisnis’ yang harus dipelajari oleh produsen demi meraih tujuan akhir. Apakah itu?

Gambar Foto Apa Itu Komunikasi BisnisPengertian dasar dari komunikasi bisnis seperti dilansir dari laman Notesdesk.com yaitu bentuk komunikasi untuk mempromosikan produk, jasa ataupun organisasi dengan tujuan meraih ‘penjualan’. Demi menghasilkan penjualan atas produk atau jasa, maka komunikasi ditempuh via beragam penyalur seperti internet, mulut ke mulut, televisi, radio hingga selembaran.

Menurut Rosenblatt, S. Bernard dalam buku Communication in Business, komunikasi bisnis merupakan pertukaran informasi dan gagasan yang mempunyai tujuan dengan disajikan secara umum atau pribadi via sinyal atau simbol tertentu. Pertukaran informasi terjadi terus menerus tanpa henti. Semakin besar bidang bisnis yang ditempuh, maka tekanan untuk membangun komunikasi efektif semakin sulit.

Komunikasi merupakan bagian penting dalam dunia usaha, bahkan posisinya berdampingan antara bisnis, keterampilan interpersonal dan etiket. Lalu, apa saja enam unsur pokok pada Komunikasi Bisnis?

Unsur Pokok Komunikasi Bisnis

1. Tak bisa berdiri dan berjalan sendiri karena telah mempunyai tujuan utama yang telah ditetapkan sesuai tujuan organisasi.

2. Adanya pertukaran antara dua orang atau lebih, yakni komunikan dan komunikator.

3. Isi pesan berkaitan dengan instruksi, informasi, opini serta gagasan. Bentuk pesan beragam tergantung kondisi, situasi dan tujuan akhir.

4. Memanfaatkan media untuk menjangkau jutaan orang dalam waktu bersamaan, selain itu turut pula memanfaatkan saluran umum atau personal yang bersifat tatap muka atau saling berhadapan.

5. Dalam penyampaian pesan selalu memakai sinyal atau simbol yang merupakan metode atau alat yang bisa dipahami atau dimengerti.

6. Adanya tujuan yang telah dibidik oleh manajemen merupakan salah satu karakteristik yang memisahkan lembaga formal atau organisasi dari informasi. Hal ini berkaitan erat dengan pencapaian tujuan organisasi.

Ada dua tipe Komunikasi Bisnis dalam sebuah organisasi, yakni komunikasi internal dan komunikasi eksternal.

Baca Juga: Strategi Pemasaran Jasa

Tipe Komunikasi Bisnis

Gambar Foto Berbagai Macam Jenis Komunikasi Bisnis

1. Komunikasi internal

Semua jenis komunikasi dalam sebuah organisasi disebut komunikasi internal, entah itu informal ataupun formal. Komunikasi internal efektif merupakan kunci untuk mengatasi beragam masalah organisasi. Komunikasi yang baik bantu dongkrak kepuasan bekerja, kesejahteraan, produktivitas, keuntungan, penurunan keluhan dan pengkhianatan. Di bawah Komunikasi Bisnis internal, masih ada:

a. Upward communication

Jenis komunikasi yang mengalir dari karyawan ke manajemen. Manfaat bagi karyawan untuk berbagi informasi, menawarkan ide, ekspresi antusias, mencapai kepuasan bekerja dan memberi feedback alias umpan balik.

b. Downward Communication

Jenis komunikasi yang mengalir dari atas manajemen organisasi untuk memberi tahu orang-orang dalam organisasi mengenai misi dan kebijakan. Adapun tujuannya yaitu mengirim informasi vital, memberi instruksi, diskusi dua arah, pengumuman keputusan, mencari kerja sama, menyediakan motivasi, dongkrak moral, meningkatkan efisiensi dan menerima umpan balik atau feedback.

c. Horizontal/Literal communication

Jenis komunikasi yang melibatkan koordinasi informasi dan memungkinkan semua orang dalam organisasi dengan jabatan setara untuk saling bekerja sama. Ini sangat penting untuk mengatasi masalah, menyelesaikan tugas, meningkatkan kerja sama tim dan dongkrak efisiensi.

2. Komunikasi eksternal

Jenis komunikasi dengan orang lain di luar perusahaan atau organisasi. Pengawas alias supervisor menjalin kontak dengan sumber berbeda di luar organisasi seperti penjual atau konsumen. Adapun tujuan utama yaitu: dongrak volume penjualan, kredibilitas publik, efisiensi operasional dan keuntungan perusahaan.

Related Artikel: Cara Sukses Berbisnis

Komunikasi Bisnis eksternal seharusnya meningkatkan performa secara keseluruhan dan image perusahaan. Sementera itu juga bantu meraih tujuan organisasi dan kepuasan konsumen.

Updated: July 17, 2016 — 5:10 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme