tokoternak.com

tempatnya beternak

Gravitasi dan Penyakit pengaruhi Daya Tetas Telur Ayam

  Gravitasi dan Penyakit pengaruhi Daya Tetas Telur AyamGravitasi dan Penyakit pengaruhi Daya Tetas Telur Ayam – Setelah sebelumnya kami tokoternak(.)com, sudah menjelaskan betapa pentingnya gizi untuk ayam agar mendapatkan telur dengan daya tetas yang baik sekarang kami akan membahas beberapa factor yang bisa mempengaruhi daya tetas telur ayam.

Selain ketercukupan gizi daya tetas telur ayam juga tak luput dari pengaruh gravitasi spesifikasi kerabang telur. Nilai gravitasi telur itu menyelimuti antara berat jenis suatu zat dibandingkan dengan berat jenis air pada suhu 4o C. Telur yang memiliki gravitasi rendah tentu mengakibatkan daya tetas yang rendah pula.

Untuk mengetahui berapa nilai gravitasi pada sebuah telur dengan mengunakan pengukur gravitasi, dengan penggukur ini diharapkan para peternak mengetahui gravitasi yang baik daya tetas telur ayam tersebut. Untuk mengetahui gravitasi yang baik bisa juga dilakukan dengan cara berikut ini; Jika telur tersebut tenggelam maka berat jenisnya lebih besar, namun jika telurnya melayang maka jenisnya sama. Akan tetapi, jika terapung maka lebih ringan dari larutan.Gravitasi dan Penyakit pengaruhi Daya Tetas Telur Ayam

Daya telur tetas yang baik bisa dilihat dari tenggelamnya telur tersebut itu artinya gravitasi spesifik yang besar dan memungkinkan tingkat fertilitasnya tinggi. Jika dilihat dari nilai-nilai, bila nilai gravitasi spesifik lebih dari 1,08 memberikan fertilitas 94,3% dan daya tetas 93%. Bandingkan bila gravitasi spesifikasi, memberikan 91,5%, kemungkinan daya tetas mencapai 85%. Akan tetapi jka nilai gravitasi mencapai 11,1 % lebih, daya tetas telur mengalami penurunan.

Waktu peneluran tenyata juga mempengaruhi gravitasi spesifik, peneluran yang terjadi pada sore hari biasanya mempunyai nilai gravitasi spesifikasi yang lebih tinggi, jika dibandingkan dengan peneluran yang terjadi pada pagi hari. Pengaruh lain ialah berat induk ayam yang tinggi ternyata bisa menyebabkan nilai gravitasi spesifikasi lebih rendah nilainya.Gravitasi dan Penyakit pengaruhi Daya Tetas Telur Ayam

Selain dari nilai gravitasi yang bisa mempengaruhi daya tetas telur ayam, penyakit adalah salah satu penyebab berkurang daya tarik tetas telur, mengenai penyakit yang begitu kerap ditemui peternak yakni; Arizona, pullorum, fowl typhoid, para typhoid, omphalitis, aspergillosis, E. Coli dan avian encephalomyetilis (AE). Ada juga jenis penyakit lain seperti CRD (Chronic Respiratory Disease, Mycoplasma Synoviae dan lain-lain.

Nah, itulah beberapa permasalahan yang sering sekali mempengaruhi daya tetas telur ayam. So, baiknya kita segera mencari solusi untuk menghindari hal demikian.

Updated: March 16, 2016 — 4:26 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme