tokoternak.com

tempatnya beternak

Gizi Pengaruhi Daya Tetas Telur Ayam

Gizi Pengaruhi Daya Tetas Telur AyamGizi Pengaruhi Daya Tetas Telur   Ayam – kita semua sudah mengetahui sebuah proritas utama penggunaan zat gizi untuk unggas maupun makhluk hidup lainnya ialah untuk hidup. Mempertahankan suhu tubuh (panas badan) serta energy untuk bergerak.

Dalam kasus peternakan, gizi tetap digunakan oleh setiap ayam, tak terkecuali meski ayam tersebut sudah tua. Hal ini perlu dilakukan karena ayam tetap membutuhkan nutrisi guna pertumbuhan kuku dan bulu, barulah setelah itu untuk menganti sel tubuh ayam yang telah rusak.Gizi Pengaruhi Daya Tetas Telur Ayam

  • Defisiensi (Kekurangan) Zat Gizi, dari segi fisiologis pemenuhan zat gizi untuk kegiatan reproduksi, menempati urutan yang paling bawa untuk setiap makhluk tak terkecuali untuk unggas. Daya tetas telur itu sangat ketergantung pada daya kecukupan gizi yang dibutuhkan oleh induk ayam petelur.

 

Zat Gizi merupakan hal yang terpenting dalam sebuah peternakan ayam petelur, serta harus segera diatasi. Defisiensi berbagai unsure nutrisi berakibat pada penurunan kualitas perkembangan embrio serta kualitas DOC. Dengan begitu pelaku peternakan harus benar-benar memperhatikan pakan yang berikan kepada induk ayam. Pakan tersebut berupa pakan komersial untuk ayam petelur.

 

  • Suplemen, Kekurangan zat Gizi sebenarnya dapat dihindari dengan cara memberikan unsure nutrisi pada pakan ayam ternak. Unsure-unser tersebut merupakan unsure mikro misalkan mineral dan juga vitamin. Solusinya peternak bisa memberikan beberapa permik mineral serta vitamin.

 Gizi Pengaruhi Daya Tetas Telur Ayam

Vitamin A dapat diperoleh dari pakan jagung, sebabb jagung menggandung kriptosantin yang bisa diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh ayam. Ayam yang kekurangan Vitamin A dapat mengalami ketelambatan pertumbuhan, daya tahan tubuh serta kusutnya bulu terlebih lagi ayam akan kehilangan kesimbangan saat berdiri dan juga berjalan.

 

Jika ayam mengalami kekurangan vitamin E, peternak cukup memberikan pakan biji-bijian dan juga kecambah. Apa akibat dari kekurangannya vitamin E ini, hal ini sangat fatal bila terjadi karena bisa menyebabkan kematian pada embrio saat proses penetasan.

 

Makhluk hidup seperti ayam pun ternyata membutuhkan sinar matahari pada pagi hari, karena sinar matahari mengandung vitamin D3 yang baik untuk pertumbuhan induk ayam, peternak cukup menjemurkan ayam dibawah matahari pagi selama 30-45 menit. Jika ayam kekurangan Vitamin D3, ayam tersebut akan mengalami penurunan produksi telur, kecilnya telur serta menipisnya kerabang.

 

Nah, itulah dampak-dampaknya jika ternak kita mengalami kekurangan gizi tentu sangat mengganggu tumbuh kembang ayam tersebut.

 

Updated: March 15, 2016 — 10:12 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme