tokoternak.com

tempatnya beternak

Faktor Lambat atau Cepatnya Telur Menetas

Faktor Lambat atau Cepatnya Telur MenetasFaktor Lambat atau Cepatnya Telur Menetas – Sama halnya dengan rongga udara yang tak bisa terlalu besar dan juga kekecilan, dan idealnya rongga udara harus berukuran sedang. Nah, begitu pun dengan jadwal tetas telur yang terlalu awal dan begitu lambat bisa menyebabkan daya tetas telur yang rendah. Lambat atau cepatnya telur tentu memiliki penyebabnya, mari kita bahas mengenai penyebab mengapat telur bisa menetas begitu cepat atau sebaliknya.

Telur Menetas Terlalu Cepat/Awal, telur disebut menetas terlalu cepat/awal jika telur tersebut baru berumur 20 hari sudah menetas. Terlalu cepatnya telur menetas mengakibatkan, kuning telur belum terserap sempurna oleh anak ayam. Dan juga menyebabkan terjadinya omphalitis, nah berikut ini beberapa penyebab kenapa telur cepat menetas sebelum pada waktunya;

  • Kecilnya ukuran telur, ukuran telur yang kecil dibandingkan dengan ukuran telur pada umumnya dalam satu mesin tetas telur, dan menyebabkan intensitas penyerapan panas yang berbeda. Pada kelembapan dan suhu yang sama, jika volume/ukuran telur terlalu kecil maka akan terjadi akumulasi penyerapan panas menjadi tinggi bila diperbandingkan dengan ukuran yang lebih besar. Maka dari itulah penyebab telur menetas lebih awal/cepat. Oleh sebab itulah keseragaman atau ukuran telur perlu sangat diperhatikan.Faktor Lambat atau Cepatnya Telur Menetas
  • Kelembapan, juga perlu diperhatikan dari sini juga bisa menyebabkan telur menetas pada awal/lebih cepat. Temperatur pada hari pertama dan hari ke-19 terlalu rendah. Namun, sebaliknya pada temperature pada hari pertama sampai ke hari 19 temperatur terlalu tinggi.
  • Sebelum menggunakan alat pengukur thermometer ada baiknay diperiksa dulu di laboratorium rujukan, thermometer tidak valid kerena thermometer tidak dikaliberasi.

Keterlambatan Menetas,  Keterlambatan telur menetas berdampak pada terjadinya omphalitis dan pendarahan embrio yang alur darahnya terlihat pada kerabang, telur disebut terlambat setelah umur telur sudah menginjak 22 hari lebih, dan berikut ini beberapa penyebab telur terlambat menetas.

  • Ukuran telur terlalu besar, bila apa yang terjadi pada cepatnya telur menetas disebabkan ukuran telur kecil maka sebaliknya, keterlambatan telur menetas bisa disebabkan oleh besarnya ukuran telur yang tak sebanding dengan ukuran telur lainnya dalam satu mesin tetas. Maka dari itu sekali lagi ditegaskan keragaman ukuran telur di satu mesin tetas perlu diperhatikan.
  • Telur berasal dari induk yang tua itu biasanya memiliki ukuran telur yang lebih besar, dan berdampak seperti pada yang sudah dijelaskan diatas.
  • Temperatur mesin tetas yang sering kali berubah-ubah, bisa disebabkan oleh daya listrik yang melemah atua bahkan mati, bisa juga disebabkan cuaca yang sering tak bisa ditebak. Seperti halnya cuaca pada terik siang hari lalu tiba-tiba hujan lebat. Apalagi kalau menggunakan thermosat yang menggunakan eter itu tidak terlalu akurat, ada baiknya menggunakan air raksa agar akurasinya bagus.

 

Nah, itulah beberapa penyebab mengapa, telur bisa terlambat menetas dan juga terlalu cepat. Semoga bermanfaat.

Updated: March 27, 2016 — 2:47 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme