tokoternak.com

tempatnya beternak

Faktor-Faktor Menetasnya Telur Ayam

Faktor-Faktor Menetasnya Telur AyamFaktor-Faktor Menetasnya Telur Ayam – Jika pada postingan sebelumnya kami tokoternak(.)com sudah membahas tentan kiat-kiat sukses menetasnya telur ayam, maka kali ini kami akan membahas kembali tentang factor-faktor menetasnya telur ayam.

Pada postingan sebelumnya kiat sukses dalam hal menetaskan telur dengan menjaga kestabilan suhu maka kali ini ada beberapa factor yang cukup mempengaruhi kesuksesan tersebut diantaranya kelembapan, Ventilasi, dan Sumber Pemanas yang stabil.

Untuk pertama kita akan membahas mengenai factor kelembapan. Kelembapan berfungsi untuk mengurangi atau menjaga cairan dalam telur dan merampuhkan kerabang telur. Jika kelembapan tidak maksimal maka embrio tidak akan bisa memecahkan kerabang yang terlalu panas.

Namun jika kelembapan terlalu tinggi malah sebaliknya, air akan masuk lewat pori-pori kerabang sehingga terjadi penumpukan air dengan begitu embrio akan mati, pada kenyataanya banyak terjadinya kegagalan dalam menetaskan telur disebabkan oleh dua factor yaitu Kelembapan dan Suhu.

Kelembapan ada dua jenis antara lain kelembapan dalam keadaan alami dan pengukur kelembapan. Pada kelembapan alami bisa diatur oleh keringat yang dikeluarkan oleh induk ayam.

Pada dasarnya ayam tidak memiliki kelenjar keringat yang sempurna sehingga kelembapan yang terjadi tidak akan terlalu tinggi. Sebab ayam tidak membutuhkan kelembapan yang terlalu tinggi.

Pengukur Kepembapan dapat dilakukan dengan menggunakan thermometer wet and dry (basah dan kering), pada thermometer ini ada dua macam suhu yaitu suhu kering dan basah.Faktor-Faktor Menetasnya Telur Ayam

Ventilasi, peranan ventilasi terbilang cukup penting dalam factor-faktor menetasnya telur ayam, mengapa demikian, ventilasi memengan peranan penting dalam sumber oksigen embrio untuk bernapas. Dilain sisi, ventilasi sebagai penyeimbang antara kelembapan dan suhu. Jika ventilasi terhambat maka suhu dan kelembapan mesin akan meningkat.

Sumber Pemanas yang Stabil, Induk ayam sebagai sumber pemanas yang alami selain itu, suhu pada tubuh induk ayam relative stabil, namun demikian peternak tetap membutuhkan mesin penetas yang memiliki sumber panas yang stabil, sumber pemanas juga berasal dari listri, minyak tanah, sinar matahari, gas, dan juga batubara. Para peternak bisa mengkombinasikan dari berbagaimaca sumber panas tersebut untuk menekan biaya.

 

 

Updated: March 12, 2016 — 7:23 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme