tokoternak.com

tempatnya beternak

7 Cara Memulai Bisnis Online

Cara Memulai Bisnis Online,  Bisnis online merupakan lahan baru untuk menggeruk pundi-pundi kekayaan. Meskipun lebih efektif mencari dan menjaring konsumen potensial, banyak pebisnis akhirnya gagal total di tengah jalan akibat minim pengetahuan dasar. Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online? Apa resep meraih sukses? Ada tujuh langkah wajib dipahami terlebih dahulu sebelum bertindak!

Gambar Foto Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online yang Benar

Tips Cara Memulai Bisnis Online

Trick Cara Memulai Bisnis Online

1. Cari tahu kebutuhan

Sebaiknya cari tahu ‘kebutuhan’ terlebih dahulu baru kemudian menentukan ‘produk’. Artinya, pebisnis harus mengenal dan membongkar pasar. Cari grup atau kumpulan orang yang butuh solusi atas sebuah masalah, yakni mendatangi beberapa forum online untuk melihat permasalahan yang terus ditanyai oleh pengunjung atau melakukan riset kata kunci yang paling banyak dicari. Coba pelajari situs pesaing dan tawarkan sesuatu yang lebih baik, terutama memenuhi kebutuhan.

2. Tulisan menjual

Tulisan memegang peranan besar dalam keberhasilan sebuah bisnis online. Oleh karena itu, buat tulisan yang menjual serta meyakinkan calon konsumen untuk mengadakan transaksi. Produk atau jasa harus dijabarkan secara detil, penawaran menarik, jaminan kuat, testimoni hingga pelayanan tanya-jawab. Coba fokus pada keunikan ‘barang dagangan’ dalam memenuhi kebutuhan.

3. Bangun website

Cara Memulai Bisnis Online yaitu menentukan pasar, produk dan membuat tulisan yang menjual. Jika ketiga elemen dasar sudah siap, tinggal membangun website. Bila hanya ingin menjual produk atau jasa, desain web harus sesederhana mungkin dan tak monoton. Artinya tampilan harus ringan, menarik, bebas gangguan (bug), kompatibel dengan semua browser dan perangkat.

4. Andalkan mesin pencari

Lakukan promosi dengan mengandalkan layanan mesin pencari (search engine) agar calon konsumen terus berdatangan secara otomatis ke website. Ada ilmu internet marketing, Search Engine Optimation (SEO), yang harus dipelajari. Jika tak begitu menguasainya, sisihkan uang untuk mencicipi jasa profesional. Agar nama web semakin berkibar, coba layanan iklan pay-per-click milik Google Adword.

5. Bangun reputasi

Mesin pencari seperti Google memang efektif memasarkan produk atau jasa via online, tetapi sejumlah calon konsumen enggan beli tanpa mengetahui reputasi website. Oleh karena itu, mulai bangun reputasi di dunia maya dengan menampilkan pelayanan akurat dan cepat. Coba terlibat langsung dalam beberapa forum online yang berkaitan dengan bidang atau barang dagangan.

6. Bangun kedekatan hubungan

Salah satu Cara Memulai Bisnis Online yaitu membangun kedekatan hubungan antara konsumen dan pebisnis. Jika peran e-mail marketing begitu efektif pada beberapa tahun silam, kini mulai tergusur dengan sosial media (sosmed). Buat beberapa akun sosmed populer yang memungkinkan untuk menjalin kontak. Kemudahan menghubungi penjual akan dongkrak kepercayaan konsumen untuk bertransaksi.

7. Kepuasan berbelanja

“Konsumen adalah raja!” Mereka harus dilayani sebaikmungkin dengan respon cepat, tepat dan aktif. Jangan biarkan mereka menunggu lama walau sekedar bertanya soal barang dagangan tanpa membeli sekalipun. Segera proses transaksi secepat mungkin dengan pengiriman tepat waktu,kemasan rapi dan barang sama persis terlihat di website. Dengan berusaha menciptakan kepuasan tertinggi, konsumen akan loyal, turut mempromosikan web ke orang lain dan tak segan kembali berbelanja.

Baca juga: Ide Bisnis Modal Kecil

Cara Memulai Bisnis Online terletak pada kreativitas dan ketekunan untuk dijalani semaksimal mungkin. Jangan jadikan bisnis sampingan untuk sekedar dongkrak penjualan, namun harus fokus layaknya merawat toko di dunia nyata. Coba lihat kembali semua poin di atas apabila sudah menekuni bisnis dunia maya tanpa hasil apapun. Walaupun kecanggihan teknologi internet berkembang cepat dalam beberapa tahun terakhir, tujuh langkah dasar ini telah menjadi standar utama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme