tokoternak.com

tempatnya beternak

Beberapa Kegiatan Selama Pemanasan Kandang (bagian 2)

Beberapa Kegiatan Selama Pemanasan Kandang (bagian 2) Beberapa Kegiatan Selama Pemanasan Kandang (bagian 2) – Jika pada sebelumnya kita sudah membahas mengenai beberapa kegiatan selama pemanasan kandang yang meliputi Pemberian Makan, Menyiapkan Air minum hingga menyalakan mesin pemanas nah dalam postingan kali ini kami tokoternak(.)com ingin melanjutkan kembali beberapa kegiatan yang sering dilakukan guna mempersiapkan kandang layak huni untuk DOC, apa saja berikut  ini;

  • Mengontrol Keadaan Sekam

Sekam sebagai salah satu media yang akan digunakan untuk keperluan kandang DOC hendaklah perlu diperhatikan dengan seksama, diantaranya sekam tersebut harus bersih, baru, bebas jamur dan tentunya bebas dari kotoran. Perlu kita ketahui juga, sekam merupakan media yang sangat baik untuk perkembang biakan jamur dan mikroorganisme yang sangat mengganggu pertumbuhan DOC sendiri oleh karena itu sekam benar-benar harus dikontrol sebanyak 2-3 hari sekali. Jika terdapat sekam yang menggumpal lebih baik dibuang  dan diganti yang baru karena sekam yang menggumpal merupakan sumber panas yang menggandung racun (HN3) selain itu, sekam merupakan media yang baik untuk pertumbuhan mikroorganisme patogen.Beberapa Kegiatan Selama Pemanasan Kandang (bagian 2)

  • Lakukan Granding dan Seleksi

Mari kita bahas terlebih dahulu apa itu Granding? Granding merupakan pemisahan anak ayam yang memiliki kebutuhan khusus dalam hal ini anak ayam yang lambat pertumbuhannya tapi masih sehat. Granding umumnya dilakukan bersamaan dengan vaksinasi atau pada hari ke-empat. Lalu apa saja yang dilakukan saat grading tersebut yakni anak ayam yang kecil dipisahkan ke tempat tersendiri serta diberikan perlakuan khusus agar bobot anak ayam itu bisa mengejar bobot anak ayam yang berukuran besar. Perlakuan khusus itu meliputi pemberian vitamin secara berkesinambungan, memberikan pemanas lebih lama dan jangan lupa untuk sering membangunkan anak ayam. Terakhir pula, mengurangi perbandingan antara tempat makan dan tempat minum.

  • Ventilasi Kandang

Ventilasi dalam hal ini sangat penting di kandang ayam sebab ventilasi harus lancer tak boleh terhambat, ada pun ventilasi yang baik ialah terlihatnya pergerakan udara yang lancer. Manfaat pergerakan udara ini guna menyuplai udara segar (oksigen) ke dalam kandang selain itu gunanya mengeluarkan gas berracun dari dalam kandang yang mengandung amoniak (NH3), karbondioksida (CO2) serta Karbonmonoksida (CO), sebab gas beracun itu tentu menghambat pertumbuhan anak ayam. Selain itu fungsi dari ventilasi yakni menyetabilkan temperature dalam kandang.

Nah, begitulah beberapa kegiatan yang harus dilakukan selama masa pemanasan kandang, sebelum kandang benar-benar layak untuk di huni oleh DOC (anak ayam), salam semoga bermanfaat.

Updated: March 31, 2016 — 4:04 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme