tokoternak.com

tempatnya beternak

Mengenal Media Tanam Hidroponik (bagian 2)

Mengenal Media Tanam Hidroponik (bagian 2) – Beberapa minggu yang lalu kami sudah menjelaskan beberapa media tanam, yang sering digunakan oleh para petani hidroponik. Mungkin juga kita hanya mengetahui bahwa media hidroponik itu hanya rockwool, pasir, coco peat dan arang sekam. Namun tahukan anda bahwa ternyata media tanam hidroponik itu tak hanya keempat yang dijelaskan itu.

Akan tetapi ada beberapa media hidroponik yang sebenarnya bisa kita dapatkan dimana saja, dengan harga yang relative murah bahkan bisa geratis. Mau tahu apa saja?Mengenal Media Tanam Hidroponik (bagian 2)

Baiklah pertama, mungkin kita semua sudah mengetahui Styrofoam atau bisa juga disebut gabus. Nah ternyata Styrofoam ini bisa digunakan menjadi media tanam hidroponik loh. Styrofoam merupakan bahan anorganik yang terbuat dari kopolimerstytren yang bisa dijadikan alat artenatif media. Dulunya, Styrofoam ini sebenarnya hanyalah sebagai media aklimatisasi (penyesuian diri) bagi tanaman sebelum ditanam ke lahan dan bersifat sementara. Namun seiring terus berkembangnya dunia hidroponik, saat ini para nursery menggunakan Styrofoam sebagai media campuran tanaman untuk meningkatkan porousitas media tanam. Menggenai penggunaan Styrofoam ini harus melewati beberapa proses agar styroafoam bisa menjadi media tanam hidroponik yakni Styrofoam harus dihancurkan terlebih dahulu lalu dibentuk seperti bola-bola kecil berukuran biji kedelai, fungsinya agar media tanam menjadi ringan. Akan tetapi, kelemahan dari media ini ialah sering menjadi sarang semut.Mengenal Media Tanam Hidroponik (bagian 2)

Kedua, Kerikil, siapa yang tidak tahu kerikil? Sesuatu yang bisa kita dapatkan di sekitar rumah kita. Ternyata kerikil juga bisa menjadi media tanam hidroponik. Yah, pada dasarnya penggunaan kerikil sebagai media tanam hidroponik ini tak jauh beda dengan pasir, akan tetapi kerikil memiliki pori-pori makro lebih banyak dari pasir. Penggunaan kerikil sebagai media tanam hidroponik ini untuk membantu peredaran larutan unsure hara dan udara namun ia tetap pada perinsipnya yang tidak menekan pertumbuhan akar tanaman. Nah, kekurangan dari kerikil ini ialah daya serapnya yang rendah sehingga, ia mudah basah dan juga mudah kering. Dan berakibat fatal untuk tanaman kita.Mengenal Media Tanam Hidroponik (bagian 2)

Ketiga, Vermikulit dan Perlit hmmm jika kita mengetahui dua media tanam tadi sekarang kita akan mengenal media tanam hidroponik yang satu ini, Vermikulit merupakan media anorganik seteril yang dihasilkan dari pemanasan kepingan-kepingan mika yang mengandung potasium dan helium. Jika ditelisik lagi ternyata vermikulit merupakan yang mempunyai kapasitas daya tukar kation yang tinggi.

Sementara itu perlit merupakan produk mineral yang berbobot ringan dan memiliki kapasitas daya tukar kation dan daya serap air yang rendah. Dilain sisi, pada dasarnya fungsi perlit tak jauh beda dengan vermikulit yakni menurunkan berat jenis dan meningkatkan daya serap air. Penggunaan vermikulit dan perlit akan lebih baik jika dikombinasikan dengan bahan organic untuk mengoptimalkan tanaman dalam menyerap unsure-unsur hara.Mengenal Media Tanam Hidroponik (bagian 2)

Terakhir, marik kita mengenal media tanam hidroponik berikutnya. Gel (Hidrogel), warnanya yang beranekaraga memiliki kelebihan tersendiri terutama untuk penghias ruangan kerja dan lain-lain. Gel atau sering disebut hidrogel merupakan Kristal-kristal polimer yang sering digunakan sebagai media tanaman hidroponik. Hidrogel sangat praktis, kita tidak perlu menggantinya dengan yang baru atau menyiram serta memupuk.

Hmmm sementara untuk jenis tanaman apa saja yang bisa menggunakan media ini, ialah jenis tanaman philodendron dan anthurium, akan tetap hidrogel tidak bisa digunakan sebagai media tanaman jenis adenium atau tanaman hias bonsai karena jenis tanaman ini memiliki akar yang keras, sementara gel tidak memilik asupan air yang mencukupi untuk kebutuhan tanaman selain itu dikhawatirkan bisa memecahkan vas bunganya. Kelebihan dari gel/hidrogel ini ialah sebagai hiasan diruangan kerja di ruang tamu karena gel yang berwarna warni itu dapat memberikan kesan hidup pada tanaman miniature tersebut.

Itulah beberapa media tanam hidroponik yang bisa kami paparkan untuk kalian semua para petani hidroponik yang kami rangkum dalam Mengenal Media Tanam Hidroponik (bagian 2). selamat mencoba.

Updated: February 10, 2016 — 4:28 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme