tokoternak.com

tempatnya beternak

Manfaat Minyak Zaitun Bagi Tubuh, Kulit, Dan Rambut

Manfaat Minyak Zaitun Dunia kesehatan selalu melakukan inovasi sejak dulu hingga saat ini. Banyak dokter dan peneliti melakukan riset guna menemukan manfaat dari suatu temuan serta bagaimana cara penggunaannya. Semua itu menjadi penting bagi masyarakat pada umumnya dan secara khusus sebagai penyembuh penyakit. Terlebih lagi gaya hidup tidak sehat saat ini memberikan efek kurang baik pada tubuh.

Gambar Foto Manfaat Minyak Zaitun Bagi TubuhSalah satu temuan yang sudah bisa dirasakan masyarakat yakni manfaat minyak zaitun. Buah zaitun yang diekstrak akan menghasilkan segudang khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Berbagai perusahaan penghasil produk kosmetik tidak sedikit yang memperkenalkan hasil olahan buah zaitun.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai manfaat minyak zaitun terhadap kulit dan rambut, perlu diketahui bahwa ekstrak buah zaitun dapat digunakan untuk mencegah kanker. Penelitian membuktikan adanya pengaruh menurunkan resiko kanker kolorektal bagi orang yang mengkonsumsi minyak zaitun. Dan untuk para wanita, konsumsi rutin memberikan penurunan terjadinya resiko kanker payudara. Selain itu resiko terhadap penyakit stroke juga menjadi lebih rendah.

Menambahkan minyak zaitun pada menu diet sehari-hari dapat mengontrol tekanan darah tubuh. Banyak artis papan atas Indonesia mengakui bahwa kecantikan yang diperoleh dari extrak minyak zaitun. Bahkan salah satu wanita yang tersohor seperti Ratu Cleopatra pun menggunakan bahan ini. Sebagai Ratu Mesir di zaman kuno pasti sangat penting melakukan perawatan untuk kesehatan wajah dan kulit. Lalu apa saja zat istimewa yang terdapat dalam minyak tersebut?

Kandungan Minyak Zaitun

Minyak zaitun mempunyai kadar squalene tertinggi diantara minyak nabati lain. Squalene digunakan sebagai bahan baku insulin untuk obat diabetes. Cairan eter organik tersebut juga berfungsi baik sebagai sistem imun manusia. Minyak ini juga memiliki kadar zat besi dan kalsium. Meskipun jumlah zat besi rendah, namun dapat dicampurkan dalam sayuran atau makanan sehingga manfaat minyak zaitun lebih terasa.

Untuk kalsium sendiri juga tidak terlalu besar, anda bisa mencampurkannya dalam minuman dan makanan sumber kalsium lain. Zat ini sangat bermanfaat untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang, mencegah keropos, menyimpan glikogen agar tubuh tidak terasa lapar, serta membantu kelancaran kinerja sistem otak.

Kandungan lain dalam zaitun adalah potasium, tetapi jumlah yang ditemukan juga relatif rendah. Potasium bermanfaat untuk menstabilkan tekanan darah, mengubah gula menjadi energi, dan membantu mengeluarkan sodium dalam tubuh.

Dalam minyak zaitun terkandung senyawa kimia asam lemak. Yaitu bagian penyusun molekul trigliserida. Tetapi lebih banyak mengandung asam oleat (asam lemak tak jenuh tunggal) dan sedikit asam linoleat (asam lemak tak jenuh banyak).

Secara garis besar, asam lemak dalam trigliserida minyak zaitun adalah asam oleat 55-83%, asam linoleat (omega 6) 3,5-21%, asam palmitat 7,5-20%, asam stearat 0,5-5%, dan asam linoleat (omega 3) 0-1,5%.

Minyak zaitun tidak memiliki asam lemak trans karena tidak melalui proses hidrogenasi parsial yang membuatnya menjadi padat. Asam lemak utama di minyak zaitun adalah asam lemak rantai panjang, sehingga cenderung lebih padat saat berada pada suhu ruangan.

Keasaman minyak zaitun merupakan hasil dari pecahnya senyawa trigliserida karena pengaruh senyawa lain. Asam lemak yang pecah inilah yang disebut asam lemak bebas (free fatty acids/FFA). Asam lemak bebas menjadi ukuran kualitas minyak zaitun.

Minyak zaitun yang dibuat secara hati-hati tanpa panas berlebihan memiliki tingkat keasaman dibawah 0,5% FFA. Untuk jenis ekstra virgin sendiri memiliki kadar kurang dari 0,8% FFA. Manfaat minyak zaitun yang mendunia berasal dari kandungan polifenol yang sangat tinggi. Polifenol merupakan senyawa antioksidan alami bagi tubuh.

Ciri minyak yang mengandung polifenol tinggi biasanya mengalami perubahan rasa, menjadi lebih pahit, tajam dan keras. Polifenol juga menunjukkan manfaat pada penurunan kolesterol, menjaga tekanan darah, mencegah koronerm, serta memulihkan kulit akibat terbakar.

Saat minyak zaitun kontak dengan oksigen, akan terjadi proses oksidasi dan menghasilkan senyawa peroksida. Produk oksidasi tersebut memiliki bau tidak sedap dan mempengaruhi nutrisi minyak zaitun.

Warna minyak zaitun berasal dari pigmen seperti klorofil, fefitin, dan karatenoid. Klorofil bereaksi dengan cahaya membentuk oksigen radikal. Namun di tempat gelap, klorofil berperan sebagai antioksidan. Jika buah zaitun berwarna hijau, maka menghasilkan minyak zaitun berwarna hijau. Sedangkan buah zaitun yang matang akan menghasilkan minyak berwarna kuning karena terdapat pigmen karotenoid.

Zat linoleic acid didalamnya menjaga kadar air pada kulit wajah dan mencegah munculnya keriput. Ditemukan kandungan lain berupa vitamin E dan vitamin K, dengan fungsi merawat kulit dan menjaga kesehatan rambut.

Jenis-Jenis Minyak Zaitun

Minyak zaitun memang memiliki banyak jenis. Biasanya ada 3 jenis yang sering digunakan, yaitu ekstra virgin olive oil, virgin olif oil, dan pure olive oil.

Gambar Foto Manfaat Jenis-Jenis Minyak ZaitunMinyak zaitun ekstra virgin dihasilkan dari proses ekstrak pertama melalui cold press, artinya buah zaitun tidak mengalami proses pemanasan serta tanpa tambahan bahan kimia. Minyak zaitun ekstra virgin merupakan jenis paling baik dan paling murni. Minyak zaitun ekstra virgin sendiri berwarna kehijauan, memiliki rasa dan aroma yang lebih tajam.

Minyak ini tidak disarankan untuk pengolahan makanan, berbeda dengan zaitun pure yang baik untuk menumis dalam keadaan tidak terlalu panas. Cara mengambil manfaat minyak zaitun ini yakni dengan konsumsi langsung. Harga di pasaran untuk jenis ekstra virgin lebih tinggi dibandingkan kedua jenis lainnya.

Virgin olive oil merupakan minyak zaitun dengan kualitas tingkat dua. Minyak zaitun virgin dihasilkan dari perasan dingin dari ekstrak tahap dua. Minyak jenis ini bagus untuk dikonsumsi atau dijadikan bahan produk kecantikan.

Jenis terakhir adalah pure olive oil yang dihasilkan dari campuran refined olive oil dan virgin olive oil. Berbeda dengan namanya, minyak zaitun ini memiliki kualitas tidak terlalu bagus. Pure olive oil merupakan minyak zaitun tingkat tiga dengan tingkat keasaman 2%. Meskipun tidak berkualitas unggulan tetapi kita masih bisa mengambil manfaat minyak zaitun ini.

Minyak zaitun murni yang berwarna hijau kekuningan masih bisa dikonsumsi atau digunakan untuk keperluan lain. Minyak zaitun pure memiliki harga paling murah dibanding kedua jenis diiatasnya.

Selain ketiga jenis diatas terdapat pula fino olive oil, yaitu minyak zaitun hasil percampuran ekstra virgin dan virgin olive. Ada juga jenis extract and refined olive oil. Meskipun dihasilkan dari perasan pertama, pada jenis ini ditambahkan bahan kimia untuk menetralkan rasa yang kuat serta keasaman yang tinggi. Untuk menambah aroma disertakan pula minyak zaitun jenis virgin ke dalamnya.

Sedangkan extra light and light olive oil merupakan pemurnian dari perasan minyak zaitun kualitas rendah. Warna minyak kuning bening dengan aroma lembut. Residu minyak dari proses pemerasan kedua tidak dibuang begitu saja, melainkan dapat diolah kembali. Jenis pomace merupakan hasil dari residu dengan campuran bahan kimia dan minyak virgin. Manfaat minyak zaitun untuk bahan baku kosmetik, shampoo, sabun, dan lain-lain.

Minyak Zaitun Sebagai Aroma Terapi

Minyak zaitun juga dapat dimanfaatkan sebagai minyak aroma terapi. Hal tersebut sangat wajar karena minyak ini memiliki bau yang khas dan wangi. Untuk aroma terapi, minyak ini akan dicampurkan pada beberapa masker wajah dan masker rambut. Bisa juga diaplikasikan secara langsung atau ditambah beberapa bahan tertentu.

Aromaterapi dari minyak zaitun yang diaplikasi dengan pijatan kini sudah menjadi gaya hidup yang dapat memulihkan serta memberi kenikmatan. Pijatan dapat mengendurkan otot yang tegang setelah beraktifitas. Aromaterapi dari minyak esensi yang terkandung dalam minyak zaitun mampu membangun suasana hangat, kreatif, yang secara langsung mempengaruhi pikiran dan emosi.

Menurut sebuah riset, minyak esensi alami mampu merangsang area otak, termasuk bagian yang mengontrol fungsi endokrin, kekebalan tubuh, dan pusat emosional. Minyak esensi mempunyai efek langsung pada tubuh, emosi dan kejiwaan.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Rambut

Selain digunakan untuk alat bantu pemijatan, aromaterapi minyak zaitun juga dapat dimanfaatkan untuk rambut. Rambut membutuhkan nutrisi untuk melindungi dan menjaga kesehatan. Teruntuk perawatan, anda cukup mengoleskan minyak zaitun pada kulit kepala dan rambut secara merata. Ekstrak buah zaitun dipercaya sebagai refleksi terbaik untuk kepala. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara memijit kepala secara perlahan setelah diolesi minyak.

Ragam manfaat minyak zaitun dapat anda peroleh, mulai dari perlindungan terbaik hingga memberikan keindahan pada pertumbuhan dan perkembangan rambut. Zat herbal alami tidak akan memberi efek samping sehingga aman dikenakan. Minyak zaitun menyehatkan rambut dari ujung hingga pangkal. Disamping itu juga dapat menyuburkan rambut dan mempertahankan kilau hitam alami. Bagi yang memiliki masalah rambut rontok, menggunakan minyak ini secara rutin dapat mengurangi kerontokan rambut. Kandungan vitamin pada zaitun dapat mengatasi masalah kulit kepala seperti ketombe.

Manfaat minyak zaitun untuk rambut memang luar biasa. Tentu saja dengan pemakaian teratur dengan takaran pas. Hasil terbaik dapat diperoleh jika anda gunakan sesaat sebelum keramas, diamkan beberapa menit lalu bilas hingga bersih. Selain menawarkan keindahan, rambut dapat tumbuh dengan sehat tanpa terhambat.

Pertumbuhan rambut dapat mengalami gangguan berupa keringat dan polusi yang didapat dari aktivitas. Minyak zaitun ternyata memberi perawatan baik untuk rambut bercabang. Caranya mudah seperti langkah diatas, oleskan pada rambut, diamkan sebentar, lalu bilas dengan shampo.

Kegunaan minyak zaitun untuk rambut bayi yaitu dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Bagi bayi atau balita, cukup dengan mengoleskan minyak zaitun pada kepala dan pijat dengan lembut. Setelah didiamkan selama 30 menit, bilas dengan shampo khusus bayi atau dengan air bersih.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah

Minyak pada wajah yang berlebih sangat mengganggu dan memperburuk penampilan seseorang. Tipe wajah berminyak juga cenderung mudah berjerawat dibanding dengan tipe wajah kering. Oleh karena itu dibutuhkan cara sehat untuk mengatasi hal tersebut. Anda dapat mengambil salah satu manfaat minyak zaitun yaitu mengurangi kadar minyak pada wajah. Cara pengaplikasiannya cukup mudah yaitu dengan menggunakan masker yang terbuat dari minyak zaitun dan bubuk cendana.

Oleskan masker secara merata dan biarkan menempel sekitar 15 menit. Kemudian basuh wajah dengan air dingin hingga bersih. Keringkan wajah dengan handuk atau tepuk-tepuk menggunakan tangan. Usahakan melakukan perawatan saat wajah lelah, karena cara tersebut dapat memberikan efek relaks.

Jika anda memiliki pekerjaan yang mengharuskan bekerja di luar ruangan, pastikan memiliki perlindungan lebih terhadap kulit khususnya, wajah. Kulit merupakan bagian terluar tubuh yang sangat rentan mengalami kerusakan akibat paparan sinar matahari ataupun terpaan berbagai bakteri. Anda dapat melakukan perawatan secara rutin untuk meminimalisir resikonya. Yakni dengan menggunakan minyak zaitun sebelum melakukan aktivitas dan menjelang tidur.

Bisa juga Anda gunakan setelah seharian melawan teriknya matahari dan debu. Pertama basuh wajah dengan air hangat lalu uapkan dengan air yang sedang dididihkan agar pori-pori terbuka. Lalu oleskan minyak zaitun dan diamkan selama 5 menit. Setelahnya cuci muka dengan air hangat, terakhir dibilas dengan air dingin. Manfaat minyak zaitun yang didapat adalah sebagai media mengangkat kotoran pada wajah.

Efek Samping Minyak Zaitun

Pada dasarnya terdapat beberapa efek samping minyak zaitun, karena dalam pembuatannya sering ditambahkan bahan kimia. Apalagi bagi anda yang alergi pada minyak zaitun, kulit akan mengalami iritasi. Minyak zaitun merupakan jenis minyak yang susah meresap pada kulit. Sehingga membuat permukaan kulit menebal dan memudahkan debu untuk melekat. Inilah yang mengakibatkan muka mudah berjerawat.

Hal yang harus anda pahami adalah penggunaan minyak zaitun tidak boleh berlebihan karena jika sudah berlebihan maka hasilnya tidak akan baik dan kadang malah menimbulkan iritasi. Kunci dari penggunaan minyak yang satu ini adalah menggunakan secukupnya.

Penggunaan minyak zaitun pada kulit tidak berlaku baik untuk bayi. Hal ini karena, kulit bayi sangat sensitif dan kita belum tahu pasti apakah akan terjadi alergi atau tidak. Jadi akan lebih baik jika menghindari pemakaian minyak zaitun untuk memijat bayi. Beberapa penelitian membuktikan bahwa minyak zaitun bisa mengakibatkan kerusakan pelembab alami kulit kering.

Kandungan asam oleat dalam minyak zaitun ini yang akan menimbulkan kulit semakin kering. Karakter berminyak dari minyak zaitun bisa mengakibatkan komedo pada wajah. Minyak akan menutup pori-pori kulit sehingga kotoran yang terjebak didalamnya tidak bisa keluar. Dampak lain, sel kulit mati pun akan semakin menumpuk.

Memang manfaat minyak zaitun sangat banyak, baik untuk kesehatan dengan dikonsumsi secara langsung ataupun dioleskan pada kulit. Fungsi minyak ini memang sudah banyak dibuktikan sejak zaman dahulu. Bahkan sebelum banyak teknologi canggih dan ilmuwan terkemuka. Jadi apakah mungkin ada efek buruk dari minyak zaitun?

Memang dibutuhkan uji klinis lebih lanjut untuk membuktikan hal tersebut. Agar nutrisi minyak zaitun terserap sempurna oleh tubuh tentunya minyak harus diolah dengan tepat dan benar. Umumnya minyak zaitun aman diberikan sebesar 14 % dari total kalori harian. Kira-kira sebanyak 2 sendok makan setiap harinya.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengambilan manfaat minyak zaitun. Terutama bagi ibu hamil dan menyusui, karena belum ada penelitian secara khusus yang dapat dijadikan acuan tentang keamanan penggunaan minyak zaitun. Jadi sebaiknya untuk ibu hamil dan menyusui, gunakan minyak zaitun secara wajar seperti saat sebelum hamil atau menyusui.

Saat anda akan melakukan operasi bedah sebaiknya hentikan dulu konsumsi minyak zaitun selama 2 minggu sebelum operasi. Hal ini karena minyak zaitun mampu mempengaruhi kadar gula darah. Meminum langsung, menggunakan untuk memasak atau sekedar mengoleskan pada kulit bisa dilakukan. Yang perlu diperhatikan adalah kualitas minyak zaitun terjaga dengan baik dan tentunya terdaftar di BPOM Republik Indonesia. Untuk itu, konsumsi minyak zaitun dengan bijak ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme