tokoternak.com

tempatnya beternak

Cara Penyemaian Benih Hidroponik dengan Kain Flanel

Cara Penyemaian Benih Hidroponik dengan Kain FlanelCara Penyemaian Benih Hidroponik dengan Kain Flanel – Penyemaian menjadi sangat penting untuk mendapatkan hasil pertanian yang memuaskan. Penyemaian juga menjadi permasalahan utama bagi para pelaku hidroponik pemula, mengenai hal itu kali ini tokoternak(.)com, tak akan bosan-bosannya kembali mengingatkan bagaimana cara penyemaian secara hidroponik, tapi ada yang sedikit berbeda dalam pemaparan kali ini.

Jika pada artikel-artikel sebelumnya kita sering membahas bagaimana cara menyemai bibit sayuran secara hidroponik denga menggunakan kapas atau rockwol kali ini kami akan memaparkan sedikit bagaimana cara menyemai bibit dengan menggunakan kain flannel.

Sebelum lebih jauh pembahasan kita, mari kita ketahui dahulu apa pentingnya penyemaian dalam dunia pertanian. Cara semai yang baik akan menghasilkan tanaman yang baik pula, namun jika cara semai tidak baik maka akan menyebabkan tanaman menjadi buruk bisa jadi kutilang (kurus tinggi langsing).

Mari kita pelajari lebih lanjut mengenai cara penyemaian benih hidroponik dengan kain flannel, yang harus dipersiapkan terlebih dahulu yaitu perlengkapan berupa kain flannel dan benih.Cara Penyemaian Benih Hidroponik dengan Kain Flanel

Oke, sekarang kita memasuki cara penyemaian.

  • Pertama siapkan terlebih dahulu kain flannel dan wadah.
  • Kemudian, benih yang akan kita semai misalnya cabe, terong, tomat, dan lain-lain, misalkan saja kita akan menyemai cabe.
  • Rendamlah benih cabe itu dengan air hangat selama 1×24 jam. Jika menginginkan tingkatan kepedasan cabe lebih tinggi maka tak ada salahnya kita merendam benih cabe itu selama 2×24 jam, atau sampai air hangat tadi menjadi dingin.
  • Langkah berikutnya ialah menebarkan benih yang sudah direndam itu keatas kain flannel di dalam wadah, tapi basahi terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, tutup benih dengan kain flannel yang dibasahi keatas permukaan kain flannel yang dibasahi tadi hingga merata.
  • Lalu, tutup wadah benih tersebut dengan plastic, diutamakan plastic berwarna hitam, tunggu beberapa hari hingga benih berkecambah (disini kita harus sering-sering mengontrol apakah benih sudah berkecambah, jangan sampai kelewatan)
  • Bila sudah berkecambah, pindahkan benih ke media rockwol yang sudah dilubangi, dengan cara memasukan benih yang sudah berkecambah ke dalam rockwol yang sudah dilubangi.
  • Langkah terakhir yakni memperkenalkan benih dengan sinar matahari, hal ini sangat penting dan jangan terlambat, jika itu terjadi maka hasil buruk yang kita peroleh, selama itu pula jangan lupa untuk sering mengontrol kelembapan rockwol.Cara Penyemaian Benih Hidroponik dengan Kain Flanel

 

Nah, demikianlah cara penyemaian benih hidroponik dengan kain flannel, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Updated: February 17, 2016 — 3:38 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme