tokoternak.com

tempatnya beternak

Cara Mudah Berkebun dengan Hidroponik Portabel

  Cara Mudah Berkebun dengan Hidroponik PortabelCara Mudah Berkebun dengan Hidroponik Portabel – Belakangan ini, banyak orang yang tersihir oleh menanam sayur secara hidroponik. Karena menanam hidroponik tak perlu menggunakan lahan yang luas seperti layaknya pertanian konvesional, serta tak memerlukan media tanah.

Akan tetapi, permasalahan baru pun muncul bagi mereka yang ingin menyalurkan bercocok tanam harus terhalang oleh betapa rumitnya membuat instalasi yang sangat rumit, belum lagi menelan biaya mahal karena harus membeli perlengkapan hidroponik yang canggih.

Namun, sepertinya saat ini kita tak akan dipusingkan lagi oleh kerumitan instalasi serta biaya yang sangat mahal. Kita tetap bisa menyalurkan hobi itu secara gampang dengan cara-cara berikut ini.Cara Mudah Berkebun dengan Hidroponik Portabel

Kali ini kami tokoternak(.)com akan memaparkan sedikit cara mudah berkebun dengan hidroponik portable. Sebelumnya, apa itu hidroponik portabel? Hidroponik Portabel merupakan sebuah instalasi hidroponik yang sederhana, sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja, baik itu yang sudah tahu maupun yang masih awam. Nah keuntungan dari hidroponik portabel ini ialah mudah dipindah-pindahkan sesuai yang kita inginkan serta bisa dibongkar pasang, hal ini yang tidak bisa dilakukan oleh sistem instalasi hidroponik yang lain seperti NFT, DFT, dan lain-lain.

Kenapa disebut portabel? Karena instalasi ini, pertama mudah dipindahkan, praktis, tidak membutuhkan teknologi mudah dan kompleks, dapat dibuat ukuran kecil sehingga tidak terlalu memakan tempat, bersifat ringan mudah diproses dan tentunya memiliki bobot yang berkualitas, Tidak memerlukan waktu lama dalam hal perakitan, mudah digunakan sehingga bagi petani pemula tidak kesulitan ketika merakitnya, dan terakhir tersedia berbagaimacam model.Cara Mudah Berkebun dengan Hidroponik Portabel

Lalu berapa biaya agar kita bisa menerapkan cara mudah berkebun dengan hidroponik portabel ini? Sebenarnya untuk biaya kita bisa menekannya seminimal mungkin, tergantung kreatifitas kita, tapi untuk pengetahuan saja, ada beberapa alat yang memang harus dibeli, seperti berikut ini;

Kita bisa membeli starekit, satu paket instalasi hidroponik, atau membeli alat dan bahannya lalu membuat dan merakit sendiri. Alat yang dibutuhkan untuk membuat instalasi hidroponik portabel seperti Pipa PVC 3 inni (ukuran disesuaikan dengan kebutuhan), Pipa PVC 1 inci, Talang Air, Knee, dan Selang Plastik.

Pompa air dapat memanfaatkan pompa aquarium ikan hias. sedangkan boks dapat dibeli di toko plastik. Toh, bila tidak ada boks bekas dapat menggunakan ember plastik baru atau bekas wadah cat. Media tanam tray, dan netpot dapat dibeli di toko tanaman. Peralatan yang dibutuhkan untuk membuatnya yaitu seperti penggaris, pensil, cutter, gergaji dan gunting. Nah, itulah kira-kira alat yang harus kita siapkan untuk merasakan bagaimana cara mudah berkebun dengan hidroponik portabel, selamat mencoba.

 

Updated: February 8, 2016 — 3:45 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme