tokoternak.com

tempatnya beternak

Cara Membuat Instalasi NFT (Nature Film Tecnique) Hidroponik

  Cara Membuat Instalasi NFT (Nature Film Tecnique) HidroponikCara Membuat Instalasi NFT (Nature Film Tecnique) Hidroponik – kalau kemarin kita sudah bagaimana cara membuat instalasi DFT kali ini, kami ingin memaparkan sedikit bagaimana cara membuat instalasi NFT. NFT merupakan teknik budidaya hidroponik yang prinsip kerjanya mengalirkan pupuk air (sedalam 3mm) talang air secara terus menerus air mengalir  gravitasi dari tinggi ke bawah. Ketinggian talang diukur dengan kemiringan 2-3%. Hal ini guna air pupuk mengenai akar dan mempercepat laju pertumbuhan sayuran kita.

Mari kita bahas lebih dalam mengenai cara membuat instalasi NFT (Nature Film Tecnique) Hidroponik? Pertama-tama kita persiapkan dulu perlengkapannya, yang terdiri dari;Cara Membuat Instalasi NFT (Nature Film Tecnique) Hidroponik

  1. Talang Air
  2. Penutup Talang Air atau Styrofoam
  3. Kran pembuka dan penutup 0,5 inci.
  4. Pipa PVC 0,5 inci ; 1 inci ; dan 2 inci.
  5. Selang plastik 3-5 mm.
  6. KneeT 0.5 inci; 1 inci; dan 2 inci.
  7. Pompa air aquarium.
  8. Boks kontainer (Bak penampung)
  9. Solartuff atau atap plastik.
  10. Dop 0.5 inci, 1 inci, 2 inci
  11. Tutup Talang

 

Setelah segala perlengkapan sudah tersedia maka langkah selanjutnya ialah mulai membuat Instalasi NFTnya (Gully/Tempat tanam).

  • Kita mulai dari memotong talang air berukuran 2 meter, sebanyak 5 buah sertakan juga penutup talang.
  • Salah satu sisi ditutup dengan penutup talang (inlet)
  • Penutup talang terlebih dahulu dilubangi sebanyak dua lubang guna pemasangan selang plastic.
  • Selanjutnya selang plastic dilubangi sebanyak dua buah untuk mengalirkan nutrisi ke dalam talang air. Satu sisi tidak tertutup hal itu guna menyalurkan air nutrisi ke dalam bak.Cara Membuat Instalasi NFT (Nature Film Tecnique) Hidroponik

 

Setelah selesai pembuatan NFT dasar maka kita akan melanjutkan cara membuat instalasi NFT (Nature Film Tecnique).

Kali ini kita akan membuatnya menggunakan talang air. Sebelum memulai pembuatan maka langkah pertama yang dilakukan yaitu membelah talang air sepanjang 200 cm. kemudan Buat lubang tanam kira-kira 5 cm. Dibawah ini merupakan tahap pembuatan talang air sebagai tempat tumbuh tanaman.

  • Tiga buah talang dibuat lubang dengan jarak tanam 20 cm sehingga total lubang tanam 30 buah (per talang 10 lubang tanam). Talang ini digunakan untuk fase membesarkan sayuran dewasa.
  • Sebuah Talang dibuat lubang tanam dengan jarak tanam 10 cm sehingga berjumlah 20 buah lubang tanam. Talang ini berguna untuk fase membesarkan sayuran remaja.

 

  • sebuah talang lagi dibuat lubang tanam 10 buah dengan jarak tanam 10 cm untuk sayuran remaja, sedangkan bagian lain dibiarkan terbuka untuk pembibitan (media tanam memakai rockwoll).

 

  • Total lubang tanam sebanyak 60 buah, lubang tanam produksi 30 buah dan 30 lubang tanam remaja, 1 rockwoll semai dengan 30 lubang tanam (ukuran rokwol panjang 25 cm dan lebar 75 cm)

Sampai sini apakah kita sudah selesai membuat instalasi NFT hidroponik? Sebenarnya kita selesai hanya saja, gully ini membutuhkan kaki meja rak, serta atap agar instilasi ini terlihat lebih baik serta terlindungi dari sinar matahari yang menyengat dan hujan. Untuk pembuatan meja serta atap kita bisa membuatnya sendiri menyesuaikan dengan rak NFT ini. Selamat mencoba.

Updated: February 7, 2016 — 7:05 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme