tokoternak.com

tempatnya beternak

Cara Buat Media Tanam Hidroponik dari Cocopeat

loading...

Cara Buat Media Tanam Hidroponik dari CocopeatCara Buat Media Tanam Hidroponik dari Cocopeat – Seperti kita ketahui bersama, bahwa cocopeat atau yang kita kenal serbuk kelapa adalah salah satu dari media tanam hidroponik selain arang sekam, pasir dan juga kerikil. Cara buat media tanam hidroponik dari serbuk kelapa ini sebenarnya tidak terlalu rumit untuk dibuat sendiri.

Untuk masalah bahan baku, kita tak perlu pusing, sebab di Negara tropis seperti Indonesia ini, banyak sekali bisa kita temui, jadi bahan pembuatan cocopeat itu dari kulit aria tau sekam dari buah kelapa yang diolah hingga berbentuk serbuk-serbuk butiran gabus.

Kenapa cocopeat baik digunakan media tanam? Karena cocopeat punya kemampuan untuk menahan unsure kimia dari pupuk ataupun kandungan air, bahkan cocopeat juga bisa menetralkan keasaman tanah. Karena itulah cocopeat sangat cocok menjadi media tanam pada tanaman rumah kaca dan pertumbuhan dari tumbuhan hortikultura.Cara Buat Media Tanam Hidroponik dari Cocopeat

Selain itu, cocopeat juga sangat cocok digunakan sebagai media tanaman hias seperti anthurium, dan juga cocopeat bermanfaat untuk membantu sinar matahari serta sirkulasi udara meningkat. Apalagi cocopeat merupakan media tanaman yang sangat ramah lingkungan, nah lalu apa saja yang harus dipersiapakan untuk membuat media tanam cocopeat ini, serta bagaimana caranaya, ikuti terus artikel ini.

Bahan yang harus disiapkan;

  • Mesin pengayak
  • Mesin pengepres
  • Dan serbuk sabut kelapa sebanyak 5,5 kg

 

Langkah-langkahnya,

  • Serbuk dari sabut kelapa terlebih dahulu dijemur di bawah sinar matahari terik. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kadar air yang terkandung didalam cocopeat tersebut, masa jemurnya hingga 15% persentase atau bisa dijemur seharian penuh.

Atau bisa juga dengan cara seperti ini, timbang serbuk kelapa itu, jika beratnya       masih     diatas 1 kg maka dapat dipastikan bahwa kadar air dalam serbuk tersebut masih banyak. Pastikan timbangan serbuk itu dibawah 1 kg.Cara Buat Media Tanam Hidroponik dari Cocopeat

  • Jika serbuk yang kita gunakan itu sudah benar-benar kering maka langkah selanjutnya ialah mengayak serbuk tersebut, dari hasil pengayakan serbuk kelapa itu disebut dengan nama dust. Nantinya dust inilah yang akan kita pergunakan sebagai media tanamnya. Untuk membuat media tanam dari serbuk ini, kita membutuhkan alat pengepres, biar berbentuk balok dan lainnya. Nah pengepresan adalah tahapan terakhir dari cara buat media tanam hidroponik dari cocop  eat.

 

 

Namun, harus diketahu bersama bahwasanya media tanam dari cocopeat ini sebenarnya miskin nutrisi jadi kita perlu menambahkan nutrisi yang lain agar tidak kekurangan nutrisi pada tanaman kita. Baiklah sekian terima kasih dan selamat mencoba.

Updated: February 20, 2016 — 4:50 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme