tokoternak.com

tempatnya beternak

Cara Bertanam Kacang Panjang dengan Hidroponik

Cara Bertanam Kacang Panjang dengan HidroponikCara Bertanam Kacang Panjang dengan Hidroponik – Hallo, jumpa lagi sobat tokoternak(.)com. Jika sebelumnya kita sudah sering membahas tentang bagaimana cara menanam berbagaimacam sayuran secara hidroponik. Nah, kali ini kita juga akan membahas hal itu.

Siapa yang tak mengenal sayuran kacang panjang, kita rasa kacang panjang merupakan salah satu sayuran favorit dimenu makanan keluarga Indonesia, untuk itu kita akan membahas sedikit mengenai cara penanaman kacang panjang secara hidroponik.

Bila pada umumnya, kita sudah mengenal kacang panjang dengan sistem pertanian konvensional/ menggunakan tanah, lalu bagaimana cara menanam kacang panjang tanpa menggunakan tanah, atau hanya menggunakan air (hidroponik) mari ikuti selengkapnya.Cara Bertanam Kacang Panjang dengan Hidroponik

Untuk mengawali ini mari kita ketahui dulu cara menyemai benih kacang panjangnya. Tahapan menyemai kacang panjang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan menyemai benih-benih yang lain.

Pertama, kita harus siapkan terlebih dahulu benih yang sudah siap tanam, kemudian rendam dengan air hangat dan biarkan beberapa saat selama 2jam atau lebih bagus semalaman.

Kedua, Siapkan wadah penyemaian, letakan didalam wadah tersebut tissue atau kapas lebih bagus langsung rockwol, kemudian rendam dengan air biasa. Untuk menggunakan rockwoll ada baiknya kalau dilubangi terlebih dahulu rockwol yang sudah dipotong segiempat kecil

Ketiga, taburkan benih yang sudah direndam keatas tissue, kapas atau rockwol basah. Kemudian tutup wadah semai tersebut dengan plastic, yang lebih utama plastic berwarna hitam, upayakan ditutup rapat-rapat agar kelembaban udara didalam wadah penyemaian terjaga.

Keempat, setelah dibungkus dengan plastic berwarna hitam, sesekali lihat keadaan benih, usahakan dalam kurung waktu 1-2 hari segera lihat keadaan benih, apabila sudah pecah (bakal timbul daun) maka tugas kita ialah memperkenalkan benih tersebut dengan sinar matahari pagi. sebelum kita memindahkan benih tersebut ke media tanam yang kita inginkan, misalnya sekam bakar, cocopeat, rockwol atau sistem apung dengan memanfaatkan Styrofoam.

Kelima, apabila benih sudah berdaun empat, langkah selanjutnya kita berikan nutrisi AB Mix dengan perbandingan 5:5:1 (5 ml pupuk A, 5 ml pupuk B dan 1 liter air.) pemberian nutrisi harus disesuaikan dengan pertumbuhan benih.Cara Bertanam Kacang Panjang dengan Hidroponik

Keenam, mempersiapkan untuk ditanam dengan menggunakan hidroponik sistem tetes, langkah-langkah selanjutnya ialah kita hanya memperhatikan kebutuhan dari tanaman tersebut, jangan sampai kehabisan nutrisi, dan kita tinggal menunggu panen. Sekian.

Begitulah cara bertanam kacang panjang dengan hidroponik. Selamat mencoba.

 

Updated: February 17, 2016 — 1:26 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme