tokoternak.com

tempatnya beternak

PROSES BUDIDAYA STRAWBERRY HIDROPONIK

  PROSES BUDIDAYA STRAWBERRY HIDROPONIKProses Budidaya Strawberry Hidroponik – Strawberry, buah berukuran mungil dengan warna merah ini memang begitu menarik perhatian banyak orang, apalagi manfaat yang terkandung dibuah itu baik untuk kesehatan tubuh. Strawberry tidak hanya dikonsumsi dalam keadaan segar, akan tetapi, bisa diolah menjadi aneka macam makanan dan minuman lain, seperti; sirup, selai, dodol, jus, yogurt dan lain-lain.

Lalu apa kandungan yang terdapat di buah strawberry tersebut? Dalam setiap 100 gram buah Strawberry segar mengandung energi 37 kalori, protein 0,8 gram, lemak 0,5 gram, karbohidrat 8,0 gram, kalsium 28 mg, fosfat 27 mg, besi 0,8 mg, vitamin A 60 SI, vitamin B 0,03 mg, vitamin C 60 mg dan air 89,9 gram. Selain mengandung vitamin dan mineral, buah Strawberry terutama biji dan daunya dikeathui mengandung ellagic acid yang berpotensi sebagai penghambat kanker, mempercantik kulit, menjadikan gigi putih, menghilangkan bau mulut serta meningkatkan kekuatan otak dan penglihatan. Akar stroberi mengandung zat anti radang.PROSES BUDIDAYA STRAWBERRY HIDROPONIK

Sekarang apa yang harus dipersiapkan dalam proses budidaya strawberry hidroponik ini?

Media

Penyiapan media, yaitu menyediakan sekam kering untuk dibakar hingga berwarna hitam. Langkah selanjutnya yaitu menyiapkan polybag berukuran 50×50 cm dan ukuran 20cm x 18 cm. Isi polybag besar dengan abu sekam, dan letakan polybag ukuran kecil ke atas polybag ukuran besar.

Penanaman

Proses budidaya strawberry hidroponik selanjutnya yakni proses penanaman, pastikan bibit yang akan kita pakai ialah dari stolon strawberry yang sudah berusia 1-2 tahun. Selain itu pastikan juga bahwa bibit yang kita gunakan ialah bibit dengan kualitas baik, sehat, tegak dan segar dari serangan hama. Yang terpenting pertumbuhannya seragam, atau berusia 14 hari sejak pembibitan. Sebelum memindahkan bibit tersebut ada baiknya kita membuat lubang di polybag tersebut sedalam akar bisa masuk kesana.PROSES BUDIDAYA STRAWBERRY HIDROPONIK

Pemasangan system irigasi/ tetes

Kali ini proses budidaya strawberry hidroponik, kita akan memakai hidroponik dengan system irigasi atau tetes. Lalu apa yang harus disiapkan? Botol infuse/ botol air mineral, selang dripper (selang infuse) yang bisa mengatur besar kecilnya tetesan, kayu sebagai penyangga.

Baca juga: Cara Bertanam Tomat Hidroponik.

Penggunaanya, pasang kayu penyangga setinggi 60 cm disamping polybag sebagai tempat menggantungkan botol infus/botol mineral yang berisi larutan nutrisi. Lubangi bagian bawah botol sebagai tempat mengalirnya nutrisi ke selang sebelum ke tanaman tersenbut.

Penyiraman/pemberian nutrisi

Pemberian nutrisi cairan AB Mic yang dilarutkan ke dalam air, sesuai dengan konsentrasi yang dibutuhkan tanaman buah. Usahakan memakai air bersih, tidak mengandung kotoran karena hal itu bisa menyumbat selang. Nutrisi yang diteteskan itu harus diarahkan langsung pada daerah akar tanaman.

Pemeliharaan

Untuk proses budidaya strawberry hidroponik selanjutnya ialah mencabut gulma yang tumbuh di polybag, memotong daun tua dan daun-daun yang terserang hama penyakit, pengendalian hama dan penyakit dengan cara sanitasi, mekanis dan secara fisik antara lain terhadap kutu daun. Untuk menghindarin kita cukup membersih kan area green house milik kita.

Lakukan pemeliharaan dan pemberian nutrisi yang dibutuhkan strawberry sampai memasuki musim panen. Selamat mencoba, salam lestari.

 

Updated: January 7, 2016 — 3:02 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme