tokoternak.com

tempatnya beternak

PROSES BUDIDAYA SELEDRI HIDROPONIK

PROSES BUDIDAYA SELEDRI HIDROPONIKPROSES BUDIDAYA SELEDRI HIDROPONIK – Jika anda penyuka makanan berkuah, pasti akan sering menemukan daun saledri. Karena daun saledri berfungsi untuk penambah harum dan nikmat makanan, selain itu juga daun saledri bermanfaat untuk kesehatan ginjal kita. Namun tahu kah bahwa saledri dulunya hanya tumbuh di daratan tinggi. Akan tetapi saat ini saledri sudah banyak tumbuh di daerah rendah, dengan menggunakan system hidroponik, bahkan bisa ditanam di pekarangan rumah dengan begitu kita tak kesulitan lagi untuk mengkonsumsi daun saledri.PROSES BUDIDAYA SELEDRI HIDROPONIK

Pada dasarnya, saledri memang lebih cocok tumbuh di dataran tinggi karena curah hujan yang rendah. Akan tetapi dengan menggunakan system hidroponik ini, kita bisa mengatur nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman seledri, mengontrol air yang digunakan serta mengontrol hama ekternal.

Sekarang kita akan membahas Proses budidaya seledri hidroponik, pertama kita siapkan benih yang bisa dibeli di toko pertanian. Untuk kemudian, rendamlah benih itu kedalam ember berisi air selama satu jam, hal ini dilakukan untuk mengetahui mana benih siap tanam dan benih yang akan dibuang.

Baca juga: Proses Budidaya Strawberry Hidroponik

Setelah membuang benih yang mengapung, seledri yang tenggelam itu dimasukan ke dalam netpot yang diberi rockwool dan kain flannel sebagai sumbu, sebanyak 3-5 benih, jangan kebanyakan supaya tidak terjadi penumpukan tanaman selederi.

Proses budidaya seledri hidroponik selanjutnya ialah menunggu benih seledri berdaun sejati keluar. Sebagai tanda bahwa seledri tersebut sudah bisa dikasih larutan nutrisi, lalu dipindahkan kedalam box berisi larutan nutrisi sebesar 1260-1680 ppm dan PH.6.5.

Larutan AB Mix sebanyak 5 ml ke dalam 1 liter air bersih. (jika menggunakan air ledeng ada baiknya jika diendapkan dulu). Oh ya untuk system penanam selederi ini, kita menggunakan system wick (apung) dengan begitu hal yang harus diperhatikan disini ialah ketersediaan nutrisi di dalam pipa paralon, talang air atau box yang digunakan.

Untuk proses perawatan selanjutnya kita hanya sesekali melihat ketersediaan larutan nutrisi tersebut agar jangan sampai kekeringan. Usia seledri siap panen dari masa menanam ialah 1-1,5 bulan, bisa 5-6 kali panen setiap kali. Yang harus diketahui juga bahwa daun seledri selain bermanfaat untuk kesehatan ginjal ternyata seledri juga peluang usaha yang cukup menggiurkan. Selamat mencoba.

Updated: January 10, 2016 — 4:35 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme