tokoternak.com

tempatnya beternak

PENYAKIT-PENYAKIT YANG BISA MENYERANG TANAMAN HIDROPONIK

  PENYAKIT-PENYAKIT YANG BISA MENYERANG TANAMAN HIDROPONIKPenyakit-penyakit yang bisa menyerang tanaman hidroponik – Simtom adalah tanda-tanda atau gejala penyakit, akan tetapi gejala-gejala itu masih sulit untuk menjadi pedoman guna mengetahui penyakit ini disebabkan oleh parasit atau non parasit bahkan akibat gangguan hama. Untuk mengetahui dan menentukan penyebab penyakit itu, kita harus benar-benar meneliti terlebih dahulu, keadaan tubuh atau keadaan tanah.

Gejala sebenarnya adalah adanya perubahan bagian tanaman dengan reaksi yang diakibatkan karena masuknya benda asing seperti cendawan, bakteri, virus dan lain-lain apa saja penyakit-penyakit yang bisa menyerang tanaman hidroponik?PENYAKIT-PENYAKIT YANG BISA MENYERANG TANAMAN HIDROPONIK

Perubahan Warna

Salah satu penyakit itu ialah perubahan warna, daun yang mula-mula berwarna hijau cerah berubah menjadi kuning, hijau redup, atau hijau pucat disebut Klorosis. Perubahan warna ini disebabkan oleh rusak atau tidak berfungsinya klorofil (zat hijau daun). Penyebabnya mungkin kekurangan cahaya matahari atau serangan penyakit. Perubahan warna juga terjadi dalam bentuk bercak bercak cokelat karat, ungu, hitam, kelabu, keputihan atau gabungan warna tersebut.

Rontok
Jika daun, ranting, bunga, atau buah rontok sampai berlebihan, boleh dipastikan bahwa tanaman menderita kelainan. Penyebabnya bisa penyakit parasit, Non parasit, atau hama. Misalnya, cabang atau pohon jeruk yang diserang jamur upas umumnya daunya banyak yang rontok, bahkan bisa sampai habis.PENYAKIT-PENYAKIT YANG BISA MENYERANG TANAMAN HIDROPONIK

Layu
di musim kemarau, pada siang hari biasanya ada tanaman yang kekurangan air dan menjadi layu. Namun, setelah disiram dengan air, tanaman akan sehat kembali. Kelayuan seperti ini bukan karena penyakit parasit. Jika kelayuan yang diakibatkan terserang penyakit parasit, tanaman tidak mau tegak lagi walaupun disiram air. Penyebabnya adalah perakaran tanaman atau jaringan dalam batang tanaman telah rusak diserang cendawan atau bakteri sehingga pengangkutan air dari dalam tanah tidak bisa lancar.

Daun Berlubang-Lubang

Bercak berbentul lingkaran pada tanaman kentang yang disebut bercak kering Alternaria Solani. Bercak tersebut bisa menjadi kering dan rontok sehingga terjadi lubang yang disebut perforasi atau lubang peluru.

Semai Roboh (Damping Off)
Tanaman semai selada sering terkena penyakit semai roboh. Batangnya menjadi lunak, lalu roboh, busuk, dan mati. Biasanya penyakit ini disebabkan oleh udara lembab dan kekurangan sinar matahari. Kondisi tersebut biasanya disebabkan atap persemaian tidak terbuka.

Daun Mengeriting

Daun tomat dan kentang sering mengeriting karna serangan virus ini

 

Updated: January 14, 2016 — 3:04 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme