tokoternak.com

tempatnya beternak

Mengenal Media Tanam Hidroponik

MENGENAL MEDIA TANAM HIDROPONIK   Mengenal Media Tanam Hidroponik – Mungkin selama ini kita hanya mengenal tanah sebagai media tanam, karena tanah mengandung beberapa unsure hara yang sangat dibutuhkan oleh tanaman, selai n itu juga tanah sangat mudah kita jumpai.

Namun, tahukah anda? Bahwa diera saat ini, sejatinya kita tidak lagi memerlukan tanah sebagai media tanam. Karena tanah pun sebenarnya memiliki beberapa kekurangan, apalagi di daerah padat penduduk, menggunakan media tanah bukanlah solusi yang tepat, bagi orang yang ingin bercocok tanam yang tidak memiliki pekarangan yang luas. Akan tetapi, jangan khawatir saat ini, sudah ada solusi yang tepat bagi anda, untuk tetap bisa bercocok tanam meskipun dipekarangan rumah yang sempit.

Hidroponik, yah itulah solusinya, bercocok tanam dengan hidroponik, kita tidak perlu berkotor-kotoran dengan tanah karena media utama hidroponik ialah air, sesuai dengan namanya hidro (air) ponis (kerja). Lalu apa saja media tanam lainnya untuk mendukung system hidroponik ini. Yuk mari kita mengenal media tanam hidroponik.MENGENAL MEDIA TANAM HIDROPONIK

  • Rockwoll

Rockwoll berasal dari batuan basalt yang dipanaskan 1.600 derajat celcius, hingga mencair seperti lava, disaat cair itulah batuan itu di sentrifugal terbentuk serat-serat. Setelah mendingin kemudian kumpulan serat ini dipotong-potong seusai ukuran yang dibutuhkan petani. Oh ya, rockwoll ini media hidroponik yang banyak digunakan oleh para petani hidroponik di Eropa, hal ini disebabkan karena rockwoll memiliki kelebihdan dibandingkan media lain, terutama perbandingan komposisi air dan udara yang disimpan oleh media ini.

MENGENAL MEDIA TANAM HIDROPONIK

  • Arang Sekam

Arang sekam mempunyai porositas yang baik, tidak mudah lapuk, mudah mengikat air, dan mengandung kalium. Arang Sekam merupakan media yang baik untuk tumbuh tanaman sayuran dan buah secara hidroponik. Media arang sekam, bisa menahan air lebih lama serta mengandung zat-zat organic yang dibutuhkan oleh tanaman.MENGENAL MEDIA TANAM HIDROPONIK

 

  • Cocot Peat (Sabut Kelapa)

Mari kita mengenal media tanam hidroponik selanjutnya. Kelebihan sabut kelapa sebagai media tanam lebih dikarenakan karakteristiknya yang mampu mengikat dan menyimpan air dengan kuat, sesuai untuk daerah panas, dan mengandung unsur-unsur hara esensial, seperti kalsium (Ca), magnesium (Mg), kalium (K), natrium (N), dan fosfor (P).

 

Sabut kelapa atau coco peat merupakan bahan organik alternatif yang dapat digunakan sebagai media tanam. Sabut kelapa untuk media tanam , sebaiknya berasal dari buah kelapa tua karena memiliki serat yang kuat. Penggunaan sabut kelapa sebagai media tanam sebaiknya dilakukan di daerah yang bercurah hujan rendah. Air hujan yang berlebihan dapat menyebabkan media tanam ini mudah lapuk. Selain itu, tanaman pun menjadi cepat membusuk sehingga bisa menjadi sumber penyakit. Untuk mengatasi pembusukan, sabut kelapa perlu direndam terlebih dahulu di dalam larutan fungisida. Jika dibandingkan dengan media lain, pemberian fungisida pada media sabut kelapa harus lebih sering dilakukan karena sifatya yang cepat lapuk sehingga mudah ditumbuhi jamur.

 

  • Pasir

Media ini memiliki bobot yang cukup berat, sehingga bisa menompang tanaman dan memiliki pori-pori mikro yang banyak. Akan tetapi pasir ini mudah basah dan juga cepat kering. Namun salah satu kelebihan pasir mampu menciptakan sirkulasi udara yang baik untuk perakaran tanaman.

 

Nah, itulah beberapa media tanam hidroponik, yang bisa kami tokoternak(.)com bagikan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Updated: January 23, 2016 — 11:00 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme