tokoternak.com

tempatnya beternak

Media Tanam dan Pengaruh Pertumbuhan Tanaman Selada Hidroponik

  Media Tanam dan Pengaruh Pertumbuhan Tanaman Selada HidroponikMedia Tanam dan pengaruh pertumbuhan tanaman selada hidroponik – kehadiran hidroponik memberikan kabar gembira pada setiap orang yang menyukai kegiatan bercocok tanam namun tidak memiliki lahan yang luas, jika menggunakan system konvensional (menggunakan tanah). Apalagi, hidroponik sangat efektif dilakukan di pekarang rumah, sehingga dengan begitu kebutuhan akan pangan sayur-sayuran bisa terpenuhi dari perkebunan sendiri.

Selama ini kita mengenal bahwa hidroponik itu ialah metode menanam dengan menggunakan air sebagai media pertumbuhannya, akan tetapi perlu kita ketahui juga, bahwasanya masih banyak media-media lain yang perlu kita coba sebagai media tanaman di perkebunan hidroponik kita, seperti kerikil, pasir, sabut kelapa, arang sekam, pecahan batu bata, potongan kayu dan busa.Media Tanam dan Pengaruh Pertumbuhan Tanaman Selada Hidroponik

Seorang peneliti (Nicholls) menuturkan beberapa kelebihan menggunakan cocok tanam system hidroponik yaitu kita bisa mengatur sendiri tanaman lebih teliti, menjamin hasil yang baik serta serangan hama. Yah, hidroponik memiliki kelebihan tersendiri antara lain; sayuran yang dihasilkan lebih bersih, segar dan tentunya bebas pestisida.

Namun, ada yang harus diperhatikan jika kita ingin menuai keberhasilan dalam bercocok tanam hidroponik yaitu pengelolaan yang tergabung dalam persiapan, media tanam, pemeliharaan, aplikasi larutan nutrisi, panen dan pasca panen.

Jika kita sudah melakukan persiapan, baik dari pelengkapan media tanam serta memasuki tahap pemeliharaan, dalam tahap ini menurut Garner (1985) bahwa ada 3 hal penting yang mempengaruhi pertumbuhan batang yaitu adanya cahaya, zat pengatur tumbuh, dan nutrisi. Tanaman yang kekurangan cahaya akan menunjukkan gejala ETIOLASI yaitu wujud morfologi tanaman yang tumbuh pada tempat yang kurang terkena sinar matari. tanaman yang hijau berubah menjadi pucat kekuning-kuningan karena tidak terbentuknya klorofil (zat hijau daun).Media Tanam dan Pengaruh Pertumbuhan Tanaman Selada Hidroponik

Selain batang, media tanam apa saja yang bisa mempengaruhi pertumbuhan tanaman hidroponik ialah arang sekam, sebab arang sekam mempengaruhi pertumbuhan daun, 6,55 helai dan paling sedikit. Perbedaan hasil jumlah daun pada  Media tanam arang sekam, media tanam pupuk kandang dan media Batang Pakis tidak berbeda jauh hal ini disebabkan ketiga media tanam hidroponik yang bersifat sangat porous sehingga mampu menyediakan udara yang banyak bagi pertumbuhan akar dengan demikian
akar tumbuh cepat dan mampu menyerap nutrisi maksimal yang digunakan untuk pertumbuhan daun.

Jika sebelumnya kita ingin memperoleh batang, daun sekarang saatnya kita mengetahui bagaimana cara memperoleh berat tanaman selada. Menurut penelitian media yang tepat untuk memperoleh berat tanaman yang baik ialah dengan menggunakan media tanam pakis, hal ini terjadi karena, pakis, arang sekam dan pupuk kandang merupakan media tanam organik yang mampu menyediakan unsur hara bagi pertumbuhan tanaman disamping itu ketiga media tanam tersebut bersifat sangat porous sehingga mampu menyediakan oksigen untuk respirasi akar yang akibatnya pertumbuhan akar maksimal dengan tajuk yang tumbuh maksimal juga hal ini bisa dilihat juga pada pengamatan jumlah daun yang maksimal pada ketiga perlakuan tersebut.

Pada kesimpulannya, jika ingin memperoleh hasil tanaman selada hidroponik dengan hasil yang baik maka kita harus memakai tiga media tadi; arang sekam, pupuk kandang, dan pakis. Dibandingkan dengan media lain; arang sekam padi, pasir, dan padi. Selamat mencoba.

Updated: January 25, 2016 — 4:46 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme