tokoternak.com

tempatnya beternak

KELEMAHAN DAN KEUNGGULAN SISTEM NFT DALAM HIDROPONIK

KELEMAHAN DAN KEUNGGULAN SISTEM NFT DALAM HIDROPONIK  Kelemahan dan keunggulan system NFT  dalam Hidroponik – Sistem ini ialah salah satu dari enam system hidroponik dan system tercanggih dalam hidroponik, sebab dalam system NFT ini adalah suatu metode budidaya tanaman dengan akar tanaman tumbuh pada lapisan nutrisi yang dangkal dan tersirkulasi sehingga tanaman mendapatkan air, nutrisi dan oksigen yang cukup.

Tanaman bisa tumbuh dalam lapisan polyethylene dengan akar tanaman terendam dalam air bernutrisi yang mengalir terus menerus dengan begitu, daerah perakaran dalam larutan nutrisi dapat tumbuh dalam larutan nutrisi yang dangkal sehingga atas akar tanaman berada dipermukaan anatara nutrisi dan steroafoam.

Lalu apa kelemahan dan keunggulan system NFT ini? Kita mulai dari keunggulan system ini:KELEMAHAN DAN KEUNGGULAN SISTEM NFT DALAM HIDROPONIK

Keunggulan system NFT

  • Dapat memudahkan pengendalian daerah perakaran tanaman.
  • Kebutuhan air dapat terpenuhi dengan baik dan mudah.
  • Keseragaman nutrisi dan tingkat konsentrasi larutan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman dapat disesuaikan dengan umur dan jenis tanaman.
  • Tanaman dapat diusahakan beberapa kali dengan periode tanam yang pendek
  • Keunggulan lain dengan pemakain tipe NFT ini adalah sangat baik untuk pelaksanaan penelitian dan eksperimen dengan variabel dengan variabel yang dapat terkontrol dan memungkinkan untuk meningkatkan produktivitas tanaman dengan high planting density.KELEMAHAN DAN KEUNGGULAN SISTEM NFT DALAM HIDROPONIK

Kelemahan Sistem NFT

Pemakaian sistem NFT ini juga mempunyai beberapa kelemahan seperti investasi dan biaya perawatan yang mahal, sangat tergantung terhadap listrik dan penyakit yang menjangkiti tanaman akan dengan cepat menular ke tanaman lain.

Akan teapi, dalam hal menggunakan system NFT ini, kita memang dituntut menggeluarkan modal yang lebih mahal di awal pembuatan, selebihnya kita hanya meneruskan saja. Jadi tak mengapakan menggeluarkan duit sedikit lebihnya di awal namun selebihnya hanya memberi beberapa perlangkapan saja, seperti bibit, rockwool dan nutrisi.

Itulah beberapa kelemahan dan keunggulan system NFT ( Nutrient Film Teqnique) selamat mencoba, salam lestari.

Updated: January 12, 2016 — 2:27 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme