tokoternak.com

tempatnya beternak

Cara Menanam Daun Bawang Merah dengan Media Hidroponik Barang Bekas

  Cara Menanam Daun Bawang Merah dengan Media Hidroponik Barang BekasCara Menanam Daun Bawang Merah dengan Media Hidroponik Barang Bekas – Untuk bertanam hidroponik, kita tak selalu menggunakan perlengkapan mahal yang harus merogoh uang lebih dalam, hal ini tentu akan memberatkan bagi ibu-ibu dengan penghasilan yang tak seberapa namun ini menikmati sensasi bercocok tanam hidroponik.

Nah, kali ini kami, tokoternak(.)com, sedikit memaparkan beberapa cara Menanam Daun bawang merah dengan media hidroponik barang bekas. Untuk kali ini kita akan mencoba memanfaatkan limbah yang mungkin sering kita temui di pasar tradisional atau swalayan. Kray telor. Sebenarnya kray telor bisa dimanfaatkan menjadi salah satu media tanam hidroponik, tentu dengan syarat berikut ini, yuk simak terus.

Pertama kita harus menyiapkan segala perlengkapannya dulu, mulai dari kray telor sendiri, bibit bawang (dalam hal ini bawan yang sudah tua, atau bawang yang mulai ditumbuhi akar di bawahnya), larutan nutrisi  AB mix untuk sayuran.media_hidroponik_tray_telur

Lalu bagaimana cara menanam daun bawang merah dengan media hidroponik barang bekas? Langkah awal, tumpuk kray telor hingga 4-5 lembar. Kemudian, ambil juga bawang merah bersuing atau sudah tua, hal ini bisa dilihat dari akar yang mulai tumbuh di bagian bawah, lalu sedikit potong bagian atas bawah, ini dilakukan agar mempercepat pertumbuhan.

Oke tahap selanjutnya ialah siram kray telor itu dengan menggunakan air bawang merah sampai basah, letakan bawang merah itu diatas lekungan kray telor. Tujuan air rendaman bawang merah itu untuk cairan perangsang akar, selain itu agar akar mudah tumbuh dan tanaman bisa cepat beradaptasi dengan media hidroponik.Cara Menanam Daun Bawang Merah dengan Media Hidroponik Barang Bekas

Langkah selanjutnya kita hanya tinggal melakukan penyiraman berkala. Untuk pertama kita tidak perlu menyiramkan air larutan nutrisi ab mix, cukup siram dengan air biasa sampai tunasnya tumbuh, jika sudah tumbuh maka lakukan penyiraman dengan air ab mix dengan kandungan ppmnya standar sayuran daun. Saat ini larutan nutrisi ab mix sudah banyak diperjual belikan di pasar.

Namun jika memang tidak ada, kita bisa membuatnya sendiri loh, dengan air cucian beras, air bekas teh atau kulit telur yang dibelender. Nah, untuk perawatannya, selain menyiram secara berkala, pagi dan sore, kita juga harus memperhatikan kandungan air didalam kray telornya, jangan sampai kekeringan dan pula jangan sampai terlalu basah.

Jadi, kata siapa bercocok tanam hidroponik itu mahal. Sebenarnya kita bisa bercocok tanam dengan biaya relatif murah loh, asal kita kreatif dalam memanfaatkan barang bekas. Itulah cara menanam daun bawang merah dengan media hidroponik barang bekas. Selamat mencoba.

Updated: January 26, 2016 — 3:34 pm

1 Comment

Add a Comment
  1. tray nya di lubangi ga gan,…. Inspiratif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme