tokoternak.com

tempatnya beternak

BERTANAM HIDROPONIK DENGAN BARANG BEKAS

BERTANAM HIDROPONIK DENGAN BARANG BEKAS

Bertanam hidroponik dengan barang bekas – Bertanam dengan hidroponik memang menyenangkan, kita diberi kemudahan, dan juga hasil panen yang berkualitas. Namun, ada beberapa permasalahan yang sering dikeluhkan bagi sebagian banyak orang, pasalnya perlengkapan untuk bertanam hidroponik lumayan mahal-mahal untuk kalangan kelas kebawah. Tapi, semua itu bukan permasalahan yang berarti karena sebenarnya kita bisa menggunakan barang-barang bekas sebagai media tanam hidroponik, akan tetapi tidak semuanya ya.

Kali ini kami tokoternak(.)com akan memaparkan bagaimana cara bertanam hidroponik dengan barang bekas? Yuk ikuti cara berikut ini. Disini kita akan menggunakan botol air mineral bekas sebagai salah satu media tanam hidroponik dengan begitu kita tidak perlu membeli paralon.

Sebelum membuat media bertanam hidroponik dengan barang bekas sebaiknya kita menyiapkan terlebih dahulu beberapa perlengkapan diantaranya; botol mineral bekas ukuran 1 liter, gunting/cater, rockwool, sumbu flannel, dan paku untuk melubangi botol mineral.

Oke, sekarang kita akan masuk ke tahap, bagaimana membuat media bertanam hidroponik dengan barang bekas, berikut ini;

  • Potong botol mineral bekas tersebut menjadi dua bagian, menggunakan gunting/catter.
  • Panaskan paku untuk membuat lubang berdiameter 1 cm, di potongan botol bagian atas atau pun dibawah. Namun, jika kita ingin memberikan nutrisi secara sumbu kita tidak perlu melubangi botol bagian atas, cukup bagian tutup botol yang dilubangi untuk memasukan sumbu.
  • Jika pemberian nutrisi menggunakan system apung, cukup buka saja tutup botolnya agar akar tersebut menembus kepermukaan larutan nutrisi.
  • Masukan potongan botol bagian atas kedalam botol bagian bawah yang sudah diisi larutan nutrisi.
  • Selanjutnya kita tinggal memasukkan tanaman yang sudah disemai terlebih dahulu kedalam media bertanam hidroponik dengan barang bekas, setelah itu kita tinggal melakukan perawatannya. Perawatannya cukup mudah kok, kita hanya dituntut untuk selalu mengontrol larutan nutrisi yang dibutuhkan tanaman tersebut, jangan sampai kekeringan atau pun kelebihan kadar nutrisinya.

Oo yah… jangan lupa untuk mengecat potongan bagian bawah botol tersebut, agar tidak lumutan.

Kalau belum mengerti juga, ikutin ilustrasi berikut ini yang kami kutip dari argmedia.comBERTANAM HIDROPONIK DENGAN BARANG BEKASBERTANAM HIDROPONIK DENGAN BARANG BEKASBERTANAM HIDROPONIK DENGAN BARANG BEKAS

BERTANAM HIDROPONIK DENGAN BARANG BEKAS

Updated: January 5, 2016 — 3:09 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme