tokoternak.com

tempatnya beternak

PROSES BUDIDAYA SEMANGKA HIDROPONIK

PROSES BUDIDAYA SEMANGKA HIDROPONIK

Proses Budidaya Semangka Hidroponik – Buah semangka ialah buah tropis yang sangat menyegarkan sebab didalam buah semangka terkandung banyak air, selain itu kaya akan vitamin yang bisa membantuk kesehatan serta metabolisme tubuh, tak hanya itu buah semangka juga baik untuk kesehatan dan juga kecantikan bagi kaum hawa. Beberapa manfaat untuk kesehatan dan kecantikan antara lain: mencegah penuaan dini, menjaga kelembaban kulit, mengurangi minyak dalam kulit, Meremajakan kulit dan banyak lagi.

Selama ini kita mengenal metode penanaman kulit dengan cara konvensional atau dengan menggunakan tanah. Nah, seiring perkembangan jaman, saat ini ada salah satu metode menanam dengan menggunakan media air atau sering disebut hidroponik. Jika diuraikan hidroponik terdiri dari dua suku kata hidro (air) ponik/ponos (kerja), tapi kali ini kita akan mengenal bagaimana proses budidaya semangka hidroponik.PROSES BUDIDAYA SEMANGKA HIDROPONIK

Mari kita lanjutkan bagaimana proses budidaya semangka hidroponik, pertama-tama kita harus menyiapkan bibit, sekali lagi dalam hal ini kita harus benar-benar memilih bibit yang bagus, agar hasil tanaman kita nanti mendapatkan hasil yang maksimal. Akan lebih baik kalau bibit yang akan digunakan nanti di rendam dulu kedalam larutan fungisida selama 24 jam atau lebih.

Selanjutnya dalam proses budidaya semangka hidroponik ini kita harus menyiapkan dahulu bahan/atau perlengkapan lainnya seperti timer, paralon, rorn penampung air, mesim pompa akuarium, gabus atau busa dan talang air. Kemudian lakukan persemaian dengan bibit yang sudah direndam dengan air nutrisi.

Saatnya untuk melakukan penyemaian dengan media kapas, gabus, kertas kartun atau rockwool. Rendam kembali bibit tersebut dengan air larutan nutrisi fungsisida selama 2-4 jam. Ketika bibit yang disemai tadi sudah berkecambah atau sudah berakar kecil proses selanjutnya ialah dengan memberikan abu sekam untuk membantu percepatan bibit tersebut tumbuh, lakukanlah perawatan tanaman sampai tumbuh besar dan memiliki akar yang banyak.PROSES BUDIDAYA SEMANGKA HIDROPONIK

Proses budidaya semangka hidroponik selanjutnya yaitu lakukan pemupukan dan pemberian nutrisi secara bertahap 1-2 minggu sampai tumbuh 3-4 helai, baru bisa dilakukan penanam dengan media hidroponik.

Saat melakukan penanaman akan lebih baik dilakukan dialiran dengan aliran automatis. Pemberian pupuk ini sebaiknya dilakukan tersusun dengan timer. Untuk medianya hidroponik bisa mengunakan pipa paralon yang dilubangi berdiameter 3-5 cm, dan ditutup sisi kiri dan kanan dengan plastic dan diisi air bernutrisi/ pupuk cair.

Selanjutnya kita tinggal memasukan proses pemeliharaan, untuk memlihara semangka hiroponik ini sebenarnya tidak terlalu susah, kita dituntut untuk lebih memperhatikan kandungan didalam air tersebut, usahakan tetap steril dari gangguan hama dan lain-lain. Untuk masa panen semangka hidroponik ini sama dengan semangka pada umumnya, yaitu 2-3 bulan setelah masa tanam.

 

Updated: December 31, 2015 — 7:23 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme