tokoternak.com

tempatnya beternak

KELEBIHAN BERCOCOK TANAM HIDROPONIK

Bercocok tanam dengan hidroponik memang mengasyikkan karena kita tidak perlu dihadapkan dengan permasalahan lahan yang luas dan ketiadaan tanah, karena bercocok dengan hidroponik hanya dituntut mengetahui takaran nutrisi yang pas untuk setiap tumbuhan.

Setiap sesuatu pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya, tak terkecuali bertanam dengan hidroponik. Akan tetapi kali ini kita akan menjabarkan beberapa kelebihan bercocok tanam hidroponik.

KELEBIHAN BERCOCOK TANAM HIDROPONIK

  1. Penggunaan lahan lebih efisien, bertanam dengan hidroponik kita tidak perlu membutuhkan lahan yang luas seperti halnya bercocok tanam konvensial yang harus membutuhkan lahan yang luas, akan tetapi bertanam dengan hidroponik cukup menggunakan pekarangan belakang rumah yang tak terlalu luas kita sudah bisa bercocok tanam.

 

  1. Tanaman berpoduksi tanah menggunakan tanah, salah satu kelebihan bercocok tanam hidroponik, mungkin tidak setiap orang suka berkotor-kotor ria dengan tanah, hidroponik adalah solusi bagi orang yang berminat bercocok tanam namun tidak suka berkotor dengan tanah, sebab media tanam hidroponik tidak menggunakan tanah.KELEBIHAN BERCOCOK TANAM HIDROPONIK

 

  1. Kuantitas dan kualitas lebih tinggi dan lebih bersih, soal kualitas kebersihan tanaman sangat terjamin, sebab kita sendiri yang mengurus tanaman, bisa mengatur sendiri nutrisi yang dibutuhkan tanaman, kita juga menjamin kadar air, bersih atau tidak, tidak seperti pertanian konvensial karena kita tidak mengetahui proses pertanian itu.

 

  1. Penggunaan pupuk dan air lebih efisien, kita tak perlu ragu mengkonsumsi hasil sayuran yang kita tanam dengan hidroponik, seperti yang dijelaskan secara singkat diatas, kita yang mengatur kebutuhan, kita juga bisa mengatur air yang akan digunakan.

 

  1. Pengendalian hama dan penyakit yang lebih mudah, inilah salah satu kelebihan bercocok tanam hidroponik, hama yang sering kali menyerang tanaman hidroponik ialah kutu putih, mudah terbang dan perkembangannya sangat cepat. Untuk mengendalikan hama dan penyakit ini ada beberapa macam antara lain; menjaga kebersihan greenhouse, menanam bibit yang sehat, memberikan pupuk sesuai anjuran sehingga membuat tanaman tumbuh dengan sehat, memangkas atau mencabut tanaman yang sakit, perbaikan drainase dapat menurunkan serangan penyakit

 

Itulah beberapa kelebihan bercocok tanam hidroponik yang harus kita ketahui, agar kita lebih bersemangat untuk membuat hidroponik di pekarangan rumah kita. Dan tentunya setiap sesuatu pasti ada kelebihan dan kekurangannya.

Updated: December 19, 2015 — 12:41 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme