tokoternak.com

tempatnya beternak

KEKURANGAN BERTANAM HIDROPONIK

KEKURANGAN BERTANAM HIDROPONIK

Kekurangan bertanam hidroponik, setiap seuatu pasti memiliki dua sisi yang berbeda layaknya koin uang logam, kali ini tokoternak(.)com menguraikan beberapa kekurangan bertanam hidroponik yang harus kita ketahui, setelah sebelumnya kita menjabarkan sedikit kelebihan hidroponik.

Tapi kita tidak perlu khawatir mengenai kekurangan bertanam hidroponik ini hanya dominan diawal ketika kita ingin memulai berhidroponik selebihnya kita hanya memakai ulang. Berikut ini beberapa kekurangan hidroponik yang harus kita cari solusinya bersama.

Pertama, Modal, di sini memang menjadi permasalahan utama dan menjadi kekurangan bertanam hidroponik awal yang relatif mahal yang harus dihadapi ketika kita ingin bercocok tanam hidroponik karena kita harus mengerogoh uang yang cukup tebal untuk membeli perlengkapan hidroponik seperti paralon, pompa air, nutrisi, bibit, rockwool, PH meter dan bibit. jika ingin bertanam hidroponik.

KEKURANGAN BERTANAM HIDROPONIK

Kedua, selain modal awal yang relatif mahal, salah satu kekurangan bertanam hidroponik ialah ketersediaan dan pemeliharaan hidroponik sedikit sulit didapatkan. Hal ini bisa dirasakan oleh orang-orang bermukim di kota kecil sebab saat ini perlengkapan hidroponik hanya terdapat dikota-kota kecil, kalau pun beli di kota besar biayanya tidak sedikit.

Ketiga, kekurangan bertanam hidroponik berikutnya ialah memerlukan keterampilan khusus untuk meramu nutrisi. Para petani hidroponik dituntut bisa memberikan takaran nutrisi sesuai yang dibutuhkan tanaman, agar tidak kelebihan nutrisi atau kekurangan nutrisi yang dibutuhkan oleh setiap tanaman, sepertinya tanaman sayur daun (Selada, sawi, bayam, kankung dan lain-lain) yang membutuhkan 800-1000 ph sementara sayur buah (timun, terong, cabai dan lain-lain) membutuhkan nutrisi 1000-1500 ph. Untuk mengetahui kadar nutrisi dalam laurtan air yang dibutuhkan setiap tanaman para petani wajib memiliki alat ph meter agar tidak kesulitan menakar nutrisi.

Itulah beberapa kekurangan bertanam hidroponik yang akan kita temui jika kita ingin bercocok tanam hidroponik. Tapi sebenarnya semua bisa diatasi seperti paralon jika kita lebih kreatif kita bisa menggunakan barang-barang bekas sebagai medianya, ember bekas, botol bekas dan lain-lain. Untuk membeli peralatan hidroponik jika kita tinggal di kota kecil yang tidak ada toko menjual alat-alat hidroponik kita bisa membentuk kelompok hidroponik sehingga kita bisa beli perlengkapan secara bersamaan dengan jumlah besar dengan begitu kita bisa menghemat ongkos kirim, sementara untuk ph meter kita bisa saling pinjam.

Updated: December 21, 2015 — 12:16 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme