tokoternak.com

tempatnya beternak

CARA MENANAM CABE HIDROPONIK

CARA MENANAM CABE HIDROPONIKCara menanam cabe hidroponik, jika sebelumnya kita mengenal cara menanam cabe secara konvensional saatnya kita mengenal cara bertanam cabe dengan hidroponik system wick, ada beberapa keunggulan yang diperoleh ketika kita memakai cara ini, pertama dalam hal perawatan kita tidak perlu menyiram tanaman setiap pagi dan sore. Hasilnya pun memuaskan, kualitas cabe hidroponik tidak kalah dengan cabe impor dari luar negeri.

Tentu kita semua menginginkan bagaimana rasanya memetik dan memanen cabe hasil tanaman sendiri kan. Nah cara menanam cabe hidroponik ini, sebenarnya tidak susah kok, asal mau menginkuti tutorial yang akan tokoternak(.)com jelaskan dibawah ini.

Cara menanam cabe hidroponik yang paling utama ialah menyiapkan segala keperlengkapan, mulai dari

  1. Pot untuk menanam cabe
  2. Ember untuk wadah larutan nutrisi
  3. Kain flannel sebagai sumbunya dan,
  4. Stearofoam jika dibutuhkan.

CARA BERTANAM CABE HIDROPONIKBaik selanjutnya bagaimana cara menanam cabe hidroponik, dan apa saja yang harus dilakukan? Pot yang digunakan setidaknya berukuran 20cmx30cm. pot tersebut dilubangi kiri dan kanan serta tengah untuk memasukan kain flannel sebagai sumbu, kondisikan kain flanelnya menggantung, agar tersentuh oleh laurtan nutrisi.

Selanjutnya, siapkan media tanam, seperti coco peat, sekam campur hingga perbandingan 1:1, lalu siapkan juga ember untuk tempat larutan nutrisi. Bibit cabe pastikan sudah disemai terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam media tanam. Pastikan mengambil ember/wadah bekas yang bisa menampung pot tersebut hingga1/2 – 1/4 saja, jika tidak ada wadah yang pas, kita bisa menggunakan stearofoam untuk mengakalinya, lubangi stearofoam tersebut sebesar ukuran pot yang akan dipakai.

Cara menanam cabe hidroponik ialah, basahi kain flannel dengan air larutan nutrisi, kemudian masukan media tanam kedalam pot yang telah dipasang sumbu, tanam bibit cabe kedalam pot yang sudah berisi media tanam, lalu letakan pot keatas wadah larutan nutrisi, terakhir letakkan cabe hidroponik tersebut diteras rumah kita agar cabe tersebut mendapat asupan sinar matahari.

Jika batang cabe tersebut sudah tumbuh besah, masukkan pecahan genteng kedalam potnya agar menguatkan tanaman untuk berdiri tegak. Begitulah beberapa cara menanam cabe hidroponik yang bisa kita coba di rumah.

Updated: December 23, 2015 — 3:48 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme