tokoternak.com

tempatnya beternak

CARA-CARA BERTANAM HIDROPONIK

CARA-CARA BERTANAM HIDROPONIK

Setidaknya ada enam cara bertanam hidroponik yang perlu diketahui sebelum kita memulai bercocok tanam dengan hidroponik. Cara-cara bertanam hidrponik pun memiliki tingkatan tersendiri, mulai dari yang sederhana sampai tingkatan tercangih dan sulit. Setiap cara ini memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing.

Wick System

Wick system ialah cara-cara bertanam hidroponik yang paling sederhana dan paling populer yang digunakan oleh para pemula. Sistem wick ini termasuk pasif dan nutrisi yang mengalir ke media tanaman menggunakan sumbu atau bisa disebut juga system wick ialah system sumbu. Sistem wick baik digunakan untuk tanaman kecil dan kurang baik digunakan tanaman yang membutuhkan air yang banyak.

 

CARA-CARA BERTANAM HIDROPONIK

 

NFT (Nutrient Film Technique) System

System NFT ini salah satu system yang paling populer dikalangan hidroponik. System ini memiliki konsep yang sangat sederhana, dimana tanaman diletakan disebuah wadah/tabung dan membiarkan akarnya menggantung dalam larutan nutrisi. tidak membutuhkan timer, sebab system ini menggaliri air bernutrisi kedalam wadah. Sementara tanaman yang cocok menggunakan system NFT ini ialah sayur daun seperti; selada, sawi dan lain-lain.

 

Drip System

Selain system Wick dan NFT, system drip juga salah satu paling populer di kalangan perkebunan hidroponik. Drip system atau disebut system tetes ini, menggunakan timer pompa, jika pompanya dihidupkan maka pompa akan meneteskan nutrisi ke tanaman masing-masing.

Culture Water System

Ada yang tahu rakit? Nah, system ini termasuk dalam cara-cara bertanam hidroponik, dimana akar-akar yang tersuspensi dalam air yang kaya akan nutrisi dan udara. Tanaman ditempatkan dirakit dan terapung. Dengan system ini akar terendam dalam air nutrisi sementara udara diberkan pada akar lewat gelembung pompa. Pertumbuhan tanaman akan tergantung gelembung yang dihasilkan pompa.

Aeroponik system

Cara-cara bertanam hidroponik yang satu ini adalah system yang paling canggih. Kita bisa memperoleh hasil yang baik dan cepat jika menggunakan system ini, sebab larutan nutrisi yang berbentuk kabut lansung masuk ke akar, sehingga tanaman lebih mudah menyerap nutrisi yang banyak oksigen.

Ebb dan Flowsistem

Tanaman ditempatkan disebuah wadah besar yang berisi air nutrisi kemudian nutrisi dikembalikan lagi kepenampungan, system ini bisa disebut dengan system sirkulasi. Yang harus diperhatikan dari system ini ialah jarak antara tanaman, agar tidak menganggu pertumbuhan tanaman satu dengan yang lainnya.

Updated: December 19, 2015 — 12:33 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme