tokoternak.com

tempatnya beternak

CARA BERTANAM TOMAT HIDROPONIK

CARA BERTANAM TOMAT HIDROPONIK  Sebagaimana kita ketahui cara bertanam tomat hidroponik sama halnya dengan cara menanam cabe hidroponik. Sebelumnya kita menjabarkan cara bertanam tomat hidroponik mari kita ketahui dulu manfaat yang terkandung dalam tomat itu. Kenyataannya tomat ialah buah yang kaya akan vitamin baik vitamin A, C, K, kalium, folat, thiamin, niacin, vitamin B6, magnesium, fosfor, tembaga serta rendah sodium, lemak jenuh, kalori maupun kolesterol, hal ini penyebab bahwa buah tomat ini wajib ada didapur rumah tangga kita sebagai bahan masakan.CARA BERTANAM TOMAT HIDROPONIK

Selain itu buah tomat juga mudah didapat dipasar tradisional maupun modern. Nah, kali ini tokoternak(.)com akan mencoba mengajak kita semua bagaimana merasakan menanam, merawat, memetik hingga menggunakan tomat dari hasil tanaman kita sendiri. Lalu bagaimana cara bertanam tomat hidroponik? Ikuti langkah berikut ini.

Pertama untuk bertanam tomat hidroponik, kita harus menyiapkan semua perlengkapan, sekam, arang, wadah larutan nutrisi, pot kecil, rockwool, bibit unggul, kain flannel sebagai sumbu. Sama halnya dengan cara menanam cabe hidroponik, pertama-tama kita harus melubangi terlebih dahulu pot kecil disisi kiri, kanan dan tengah, fungsi lubang itu untuk memasukan kain flannel yang telah dipotong-potong persegi panjang, masukkan kain flannel tersebut diantara lobang-lobang pot. Kemudian masukkan juga sekam hitam dan arang kedalam pot tersebut. Usahakan bibit yang akan ditanam sudah terlebih dahulu sudah di semai hingga berdaun empat.CARA BERTANAM TOMAT HIDROPONIK

Jika sudah begitu, cara bertanam tomat hidroponik berikutnya ialah tinggal memasukkan tanaman yang sudah disemai kedalam pot berisi sekam hitam dan arang. Kemudian siapkan wadah/ember bekas sebagai larutan nutrisi mik AB. Nah, disini kita dituntut tahu takaran nutrisi yang diberikan untuk tanaman tomat. Sejati tanaman tomat itu tergolong dalam sayur buah yang membutuhkan kandungan nutrisi sebanyak 1000-1500 ph.

Cara bertanam tomat hidroponik, kita harus memperhatikan larutan air nutrisi dalam wadah, usahakan jangan terlalu penuh, berilah sedikit rongga dalam wadah tersebut, fungsinya untuk ketersediaan oksigen. Buatlah kain flannelnya menggantung tapi basahi secara keseluruhan sebelumnya. Kenapa harus memakai kain flannel? Sebab kain flannel memiliki daya serap yang baik, serta bisa dipakai lagi setelah panen, ketimbang memakai sumbu kompor yang cenderung bau dan gampang hancur.

Setelah semuanya selesai, itu artinya cara bertanam tomat hidroponik sudah selesai, tugas kita hanyalah merawat, untuk perawatan tomat hidroponik itu sendiri tidak sulit kok, kita tidak perlu repot-repot menyiram tomat itu pagi dan sore, cukup cek larutan nutrisi dalam wadah tersebut, jika sudah berkurang tinggal ditambah lagi, jika perlu tambahkan juga hidroton sebagai media memperkuat pertumbuhan tanaman tomat tersebut.

Updated: December 25, 2015 — 2:48 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme