tokoternak.com

tempatnya beternak

BAGAIMANA CARA BUDIDAYA TIMUN HIDROPONIK?

BAGAIMANA CARA BUDIDAYA TIMUN HIDROPONIK  Bagaimana Cara Budidaya Timun Hidroponik? sebelum kita mengulas bagaimana cara membudidaya mentimun secara hidroponik. Mari kita paparkan terlebih dahulu apa saja khasiat yang terkandung dalam buah mentimun. Mentimun atau timun ternyata kaya akan khasiat untuk tubuh kita salah satunya penghilang racun yang efektif, Penangkal kanker yang sangat baik, Meningkatkan system kekebalan tubuh, dan mencegah sembelit serta masih banyak lagi.

Nah, kenapa kita harus membudidaya mentimun secara hidroponik? Kenapa tidak secara konvensional saja, lewat media tanah pada umumnya? Jawabnya singkat, bagaimana cara budidaya Timun hidroponik ini dirujukkan kepada mereka yang tidak memiliki lahan yang luas untuk bercocok tanam, seperti didaerah perkotaan yang padat penduduk, perumahan.

Oke, sekarang tokoternak(.)com akan memaparkan bagaimana cara budidaya timun hidroponik. Sebenarnya cara membudidaya timun tidak jauh beda dengan menanam cabe dan tomat, namun kita harus tetap memastikan semuanya tidak terjadi kesalahan secara fatal.

Pertama, Bibit, pastikan bibit yang kita pilih untuk dibudidaya secara hidroponik itu adalah bibit unggul dan berkualitas, sebab kenapa harus memilih bibit unggul karena hasil panennya nanti akan maksimal, kita inginkan melihat timun hasil tanaman sendiri itu bagus kualitasnya.BAGAIMANA CARA BUDIDAYA TIMUN HIDROPONIK

Kedua, Pengelolaan media tanam, sebelum kita memulai menanam sebaiknya kita ketahui mau pakai system hidroponik apa yang akan kita pakai untuk budidaya mentimun, apakah mau pakai system wick, NFT, dan lain-lain. Tapi kali ini kita akan memaparkan bagaimana cara budidaya timun hidroponik dengan system wick. Nah, jika kita ingin bertanam dengan system wick berikut ini beberapa perlengkapan yang harus disiapkan antara lain; sekam arang, pasir, steropom, selain itu kita juga membutuhkan pot kecil, paralon, air larutan nutrisi secukupnya, kertas untuk penganjal, gunting dan lain sebagainya.

Sekarang saatnya kita memulai bagaimana cara membudidaya timun hidroponik, pertama siapkan terlebih dahulu pot kecil sebagai tempat timun akan ditanamkan, lubangi pot tersebut sebagai tempat memasukan kain flannel, lalu masukkan sekam arang dan pasir kedalam pot kecil tersebut.

Langkah selanjutnya ialah siapkan paralon sepanjang 1-2 meter atau lebih tergantung selera masing-masing, lubangi paralon tersebut sesuai dengan ukuran pot, usahakan lubangnya jangan terlalu kebesaran atau kekecilan, tujuannya agar jarak antara pot dan larutan nutrisi tidak terlalu dekat, sehingga di sela-sela itu ada ruang udara, selain itu posisikan kain flannel tersebut menggantung sebagai sumbu (system wick). Nah, tutup kedua sisi kiri dan kanan paralon tersebut, agar air larutan nutrisi tidak tumpah.BAGAIMANA CARA BUDIDAYA TIMUN HIDROPONIK

Berikutnya masukan tanaman mentimun kedalam pot plastic yang sudah diisi sekam tersebut sedalam 1-2 cm. dalam hal ini, akan lebih baik memasukan tanaman mentimun yang sudah di semai terlebih dahulu. Perhatikan! Saat mengambil bibit mentimun dari rockwool atau media semai kedalam pot plastic, sekiranya kita bisa memperlakukan mereka dengan hati-hati, jangan sampai hancur dan lain sebagainya.

Setelah selesai, bagaimana cara budidaya timun hidroponik selanjutnya? Langkah selanjutnya kita tinggal melakukan perawatan hingga masuk masa panen tiba. Memelihara timun hidroponik tidak susah loh, kita hanya tinggal memastikan larutan air nutrisi di dalam paralon tidak kekeringan, selain itu kita juga harus mengetahui takaran kadar nutrisi didalam larutan tersebut, biasanya takaran kadar mentimun itu 1000-1500 ph. Akan tetap karena mentimun ini tanaman menjalar maka kita juga dituntut untuk membuat jalaran, dari kayu atau tali untuk mendukung pertumbuhan timun tersebut.

Demikianlah bagaimana cara budidaya timun hidroponik yang bisa kami sampaikan semoga bermanfaat yah.

 

Updated: December 27, 2015 — 2:23 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme