tokoternak.com

tempatnya beternak

APA ITU TANAMAN HIDROPONIK

Apa itu tanaman hidroponik, hidroponik sebuah tren baru bercocok tanam di era saat ini, hidroponik ialah bercocok tanam tanpa menggunakan tanah, hidro sesuai namanya yang berasal dari kata hydro (air) ponos (kerja), atau bisa disebut bercocok tanam dengan menggunakan air dan nutrisi yang dibutuhkan.Apa itu tanaman hidroponik

Apa itu tanaman hidroponik. Hidroponik pertama kali ditemukan oleh sarjana JermanĀ  Justun von Liebig yang menunjukkan bahwa tumbuhan itu membutuhkan zat-zat mineral tertentu dan zat-zat yang terkandung dalam tanah.

Hidroponik atau kultur air pernah dilakukan percobaan oleh sarjana Prancis Jean Baussinggault, dengan menanam beberapa tumbuhan di bak-bak dengan tanah buatan yang tidak dapat larut seperti pasir dan kuarsa yang disiram dengan air bernutrisi tumbuhan dan hasilnya membanggakan, sementara percobaan lain juga pernah dilakukan pada tahun 1850 oleh Julius von Sachs yang membenamkan akar-akar tanaman kedalam bak berisi air bernutrisi tumbuhan.

Apa itu tanaman hidroponik

Metode hidroponik sangat cocok untuk daerah yang memiliki air serta lahan yang terbatas sebab hidroponik sendiri tidak membutuhkan lahan luas, cukup di pekarangan rumah, kita bisa melakukannya.

Perlu diketahui juga bercocok tanam dengan hidroponik sangat menyenangkan dan tidak perlu bersusah payah mencangkul tanah, kita hanya dituntut untuk mengetahui takaran nutrisi untuk tanaman itu sendiri sebab setiap tanaman memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda seperti tanaman jenis sayur daun misalnya, jenis tanaman ini membutuhkan kadar nutrisi 800-1000 ph. Sementara untuk sayur buah setidaknya membutuhkan 1000-1500 ph.

Untuk dikalangan masyarakat Indonesia apa itu hidroponik. hidroponik baru dilakukan untuk skala kecil, hanya sebatas hobi semata. Sementara untuk skala industri, banyak hal yang harus diperhatikan karena tidak setiap tanaman yang ditumbuhkan menggunakan hidroponik itu bisa bernilai ekonomis.

Hidroponik memiliki berbagaimacam system dari system yang paling sederhana sampai system yang paling canggih. Mulai dari menggunakan alat-alat bekas, sampai menggunakan alat-alat yang baru dan mahal. Contoh system yang bisa menggunakan alat bekas dan sederhana ialah system wick, system ini sangat cocok bagi pemula karena bisa buat dengan mengunakan botol air mineral 1,5 liter. Dan masih banyak lagi hidroponik dengan system lainnya.

Updated: December 19, 2015 — 12:39 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme