tokoternak.com

tempatnya beternak

Tips Pintar & Mudah: Cara Menghemat Listrik Rumah

Cara Menghemat Listrik, Maniak.info – Tagihan listrik di rumah naik gak terkendali? Di saat semua kebutuhan hidup naik, sekarang listrik ikut-ikutan naik. (Arrghhh…) Eits, jangan esmosi dulu. Jangan langsung melabrak petugas PLN ya.

Sangat mungkin bahwa besarnya tagihan memang sebanding dengan penggunaan yang notabene asal nyala tanpa kenal waktu. Masih banyak cara kok yang bisa kita terapkan untuk memangkas tagihan listrik kita. Yang harus kita tanamkan di dalam benak adalah mengubah kebiasaan untuk berhemat. Berikut ini beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mengurangi tagihan.

Cara Menghemat Listrik Prabayar dan Pasca Bayar

Cara Menghemat Listrik dengan Mudah & Sederhana

  1. Gunakan listrik seperlunya saja.
  2. Jangan sekali-kali memasukkan makanan atau minuman panas ke dalam mesin pendingin. Selain mesin cepat rusak, suhu yang terlalu panas akan memaksa mesin meningkatkan dayanya.
  3. Sesuaikan suhu Air Conditioner dengan seberapa luas ruangan.
  4. Jangan menambah beban mesin cuci dengan memberi kapasitas yang berlebihan. Kalau bisa handwash, why not?
  5. Ada baiknya memakai tandon air agar penggunaan mesin pompa air lebih ringan bebannya karena gak harus selalu menyala.
  6. Gunakan setrika yang mempunyai pengatur suhu otomatis. Kalau sudah mencapai suhu tertentu, setrika akan mati dengan sendirinya sehingga hemat listrik.
  7. Nyalakan televisi saat kita benar-benar menonton. Jangan sampai televisi yang nonton kita lagi ketiduran.
  8. Gunakan air panas untuk menanak nasi dengan rice cooker. Dengan begitu, nasi akan lebih cepat masak dan hemat listrik.
  9. Matikan lampu di dalam ruangan saat siang hari. Yuk, buka pintu dan jendela biar lebih terang dan huemat.
  10. Ganti lampu di rumah dengan lampu hemat energi. Meskipun lebih mahal harganya, tapi akan sangat berpengaruh pada tagihan bulanan.
  11. Ganti monitor tabung dengan LED atau LCD karena jauh lebih hemat.
  12. Masih ingat 8 – 22 ? Yuk terapin lagi.
  13. Ajak anggota keluarga yang lain untuk ikut berpartisipasi. Kalau semua anggota keluarga berhemat, maka tagihan listrik pun akan semakin terpangkas.

Banyak kan tips yang bisa kita terapkan untuk mengurangi biaya listrik bulanan. Kalau dulu sering jor-joran dalam menggunakan daya listrik, sekarang saatnya kita berpikir ulang dengan melakukan penghematan demi masa depan dan demi dompet he.

Cara Mengurangi Tagihan Listrik

Lalu adakah cara untuk mengurangi nominal tagihan listrik? Ada dong! Cekidot.

  1. Pasang daya listrik sesuai dengan kebutuhan. Untuk keluarga kecil cukup dengan 450 VA/ 900 VA dan untuk keluarga yang lebih besar 900 VA/1300 VA.
  2. Cabut charger telepon selular atau gadget dari sumber listrik saat sudah gak dipakai. Saat masih menancap walau gak lagi charging, listrik bakalan tetep kebuang. Cara ini bisa menghemat listrik hingga Rp 100.000/tahun. Lumayan kan? Itu baru dari satu charger!
  3. Cabut kabel TV, lemari es, radio, komputer, kipas angin, laptop dan alat elektronik lainnya kalau mau dianggurin dalam waktu yang lama. Ditinggal mudik atau berlibur panjang misalnya. Selain menyumbang pembengkakan tagihan, kabel yang tidak dicabut dan tanpa pengawasan rentan memicu hubungan arus pendek. Kebakaran bisa saja terjadi. Gak heran kan kalau banyak rumah malah kebakar saat ditinggal pulang kampung pemiliknya?
  4. Penggunaan steker yang bertumpuk-tumpuk juga bisa menambah tagihan dan yang lebih parah rawan korsleting listrik. Gunakan sumber listrik secara bergantian.
  5. Sesuaikan penerangan pada gadget agar gak perlu sering-sering charging.
  6. Penerapkan kebiasaan hemat listrik sejak dini.

Masih Boros? Yuk Pindah ke Listrik Pintar

Solusi lain yang juga merupakan terobosan dari PLN untuk mengajak konsumen berhemat adalah dengan berpindah dari listrik analog menjadi konsumen listrik pintar.

Tips Menghemat Listrik Pulsa dengan Mudah

Masyarakat juga mengenalnya dengan istilah listrik prabayar karena memang sistem pembayarannya di muka. Dengan demikian kita gak lagi bermasalah dengan pembengkakan tagihan listrik.

 

Kelebihan listrik prabayar (listrik pintar)

Berikut ini kelebihan yang dimiliki listrik prabayar :

  • Konsumen menentukan sendiri daya yang diinginkan sesuai kebutuhan dengan membayar terlebih dahulu sehingga lebih terkendali.
  • Bebas denda keterlambatan pembayaran.
  • Bebas pemutusan arus listrik.
  • Bebas biaya jaminan pelanggan.
  • Bebas masa aktif selama kwh masih ada.
  • Bebas pencatatan meter.
  • Privasi tidak terganggu.
  • Mudah membeli STROOM (kwh).

Wah, banyak banget ya keuntungannya. Buat yang udah frustrasi dengan biaya listrik yang terus naik, listrik prabayar bisa jadi solusinya. Sama dengan kita membeli pulsa prabayar untuk telepon genggam. Kita beli pulsa dulu baru bisa pakai. Tapi bedanya kalau pulsa ada masa tenggangnya, kalau listrik prabayar berlaku selama kwh masih tersisa. Oke kan? Untuk pendaftaran atau migrasi dari listrik pascabayar menjadi prabayar dapat dicek pada web resmi PLN atau mendatangi kantor-kantor layanan PLN terdekat.

Komplit sudah pembahasan kita mengenai cara menghemat listrik lengkap dengan tips yang patut dipraktikkan serta sekelumit penjelasan mengenai listrik pintar. Semoga bermanfaat ya…

Updated: July 17, 2016 — 5:18 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme