tokoternak.com

tempatnya beternak

Jangan Sepelekan Benjolan di Belakang Telinga!

Benjolan di Belakang Telinga, Maniak.info – Badan sehat merupakan investasi masa depan. Apa jadinya kita banyak uang tapi badan sakit-sakitan? Uangnya juga bakalan ludes kan?

Nah, terkadang ada beberapa kondisi yang kita anggap wajar justru itu merupakan tanda hadirnya penyakit yang serius. Misalnya saja tiba-tiba muncul bengkak atau benjolan di bagian tubuh tertentu. Kali ini kita akan membahas benjolan yang muncul di belakang telinga.

Penyakit Ada Benjolan di Belakang Telinga Apakah Berbahaya

Pernahkah tanpa sengaja kita nemu sebuah benjolan yang muncul di belakang telinga? Sebenarnya benjolan apa itu dan normalkah benjoalan tersebut? Pada kasus yang sering dihadapi benjolan tersebut berciri :

  • Lembut atau kenyal saat disentuh
  • Sakit
  • Bergerak
  • Seukuran kacang polong

Kalau ada yang memiliki benjolan dengan ciri-ciri di atas, kita harus waspada. Berikut ini pembahasan mengenai benjolan yang muncul tersebut.

Penyebab Timbulnya Benjolan di Belakang Telinga

Area belakang telinga tersusun atas kulit dan penunjangnya, kelenjar nodes (kelenjar getah bening) dan tulang mastoid. Ada beberapa sebab yang ditengarai munculnya benjolan di area belakang telinga.

Meskipun terkadang gak sakit, tapi yang namanya benjolan di tubuh merupakan hal yang gak wajar. Malahan bisa jadi benjolan tersebut menjadi indikasi adanya penyakit lain di dalam tubuh. Lalu apa saja penyebab munculnya hal tersebut? Yuk kita simak beberapa indikasinya :

1. Pembengkakan kelenjar getah bening

Dalam istilah kedokteran kelanjar getah bening disebut nodes. Di dalam tubuh kita kelenjar getah bening terletak di beberapa area yaitu leher, pangkal paha, pangkal lengan (ketiak), panggul serta perut. Dengan sistem kekebalan yang dimiliki kelenjar getah bening ini, ia akan mampu membuang sel-sel yang sudah gak ada gunanya dan melindungi tubuh dari serangan penyakit.

Pada umumnya, pembengkakan kelenjar ini (di belakang leher) bukan masalah serius karena akan sembuh dalam beberapa hari. Tapi jika tak kunjung sembuh, penderita harus segera memeriksakan diri ke dokter.

Masalah akan menjadi serius jika pembengkakan kelenjar bening ini mengakibatkan benjolan di pangkal paha atau pangkal lengan. Benjolan akan tumbuh kembali bahkan dengan ukuran yang lebih besar dari sebelumnya.

2. Kista sebasea telinga (kista telinga)

Kista sebasea adalah hasil sekresi dari sel-sel mati atau minyak berlebih oleh kelenjar minyak yang terletak di bawah permukaan kulit. Selama tidak mengalami infeksi, kista jenis ini bukan hal yang perlu dikhawatirkan karena akan hilang dengan sendirinya. Berikut ini beberapa tips untuk meringankan gejala kista sebasea :

  • Kompres dengan bantal panas atau tetesi kista dengan lilin. Tapi ada baiknya kita berhati-hati pada metode ini karena bisa jadi kista akan bertambah parah.
  • Campur bubuk kunyit dengan sedikit air kemudian bubuhkan di atas kista selama ΒΌ jam. Setelah itu cuci dengan sabun jerawat. Lakukan treatment ini rutin hingga benjolan menghilang.
  • Basahi kapas denga tea tree oil dan tempelkan pada kista selama lima menit. Setelah itu cuc dengan sabun jerawat tanpa kandungan minyak.

3. Infeksi tulang mastoid

Saat tulang mastoid yang terletak di belakang telinga mengalami infeksi, maka akan muncul benjolan atau bengkak. Selain tumbuh benjolan, infeksi ini juga akan menyebabkan demam, gangguan pendengaran, nyeri pada telinga serta ruam merah pada telinga.

4. Kanker

Bisa juga benjolan yang muncul merupakan tanda adanya kanker kepala, leher atau kanker kelenjar ludah. Pada kanker kepala dan leher, penderita akan merasakan sakit tenggorokan, kesulitan menelan makanan, dan suara serak.

Tanda bahwa benjolan yang muncul serius dan berbahaya adalah sakit kepala, benjolan tumbuh membesar, rasa panas atau hangat di area telinga, dan muncul ruam merah pada telinga. Risiko kanker akan semakin meningkat bila di dalam keluarga terdapat riwayat kanker.

5. Tumor

Benjolan tersebut mungkin juga tumor, baik tumor telinga, tumor kulit, tumor jaringan lunak atau mungkin juga tumor tulang. Tumor ini bisa berarti tumor jinak atau tumor ganas. Risiko tumor juga bisa berlipat ganda apabila terdapat riwayat tumor dalam keluarga karena sel tumor juga menurun.

Dua minggu masih muncul, segera ke dokter!

Apabila benjolan yang tumbuh di belakang telinga tidak hilang dalam dua minggu, itu tandanya kita harus segera ke dokter karena benjolan yang tidak berbahaya akan hilang dengan sendirinya sebelum dua minggu. Entah benjolan tersebut disertai infeksi atau tidak, pemeriksaan tingkat lanjut harus dilakukan.

benjolan keras di belakang kepala orang dewasa

Pemeriksaan ini dimaksudkan untuk mencegah akibat-akibat yang lebih parah dan dapat mengidentifikasi apa yang menjadi penyebab munculnya benjolan serta penanganannya.

Jangan coba-coba memecahkan benjolan di belakang telinga ini sendiri karena bisa menimbulkan infeksi dan akibat buruk lainnya. Lebih baik serahkan saja pada ahlinya. Usai sudah pembahasan kita mengenai kemungkinan penyebab tumbuhnya benjolan di area belakang telinga. Semoga bermanfaat.

 

Updated: July 17, 2016 — 5:18 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme