tokoternak.com

tempatnya beternak

Cara Mudah Pahami Perbedaan HIV dan AIDS

Apa Perbedaan Hiv dan AIDS? Di Indonesia, jumlah pemakai narkoba dan mereka yang doyan gonta-ganti pasangan terus meningkat. Dua hal inilah yang menjadi penyebab utama tingginya kasus HID/AIDS di Indonesia.

Foto Apa Perbedaan HIV dan AIDSKondisi semakin memprihatinkan ketika masyarakat Indonesia kurang memiliki pengetahuan yang cukup mengenai penyebab dan gejala HIV/AIDS. Bahkan beda HIV dengan AIDS saja banyak yang tidak memahami.

Kurangnya pengetahuan mengenai HIV AIDS tak hanya di kalangan masyarakat dengan tingkat pendidikan lemah. Mereka yang setidaknya mengenyam bangku SMA bahkan Sarjana juga banyak yang tidak mengatahuinya atau malah pura-pura tidak tahu.

Pentingnya Mengetahui Apa Perbedaan HIV dan AIDS?

Apa Itu HIV?

Human Immunodeficiency Virus (HIV) adalah nama virus yang menginfeksi. Virus ini menyerang sistem kekebalan tubuh/sistem imun CD4.

Apa Itu AIDS?

Foto Poster Reklame Apa Perbedaan HIV dan AIDSAIDS adalah keadaan ketika sistem imun seseorang melemah akibat diserang oleh HIV. Pelemahan sistem imun ini hingga menjadikan seseorang yang didiagnosa AIDS menderita berbagai penyakit ganas. Saat kekebalan tubuh seseorang menjadi lemah dan terus melemah, penyakit ringan seperti flu pun dapat mematikan.

Jadi, seseorang yang terkena virus HIV asalkan menjalani pengobatan yang tepat sehingga sistem imunnya tidak melemah, maka ia tidak akan menderita AIDS.

Narkoba, Hubungannya dengan Peningkatan Kasus HIV

Sebagaimana dilansi harian Kompas.com, saat ini kasus penyalahgunaan narkoba di Indonesia mencapai level darurat Nasional. Tak hanya efek narkoba pada tubuh pemakai, namun juga akibat fatal lain berupa cepat menyebarnya HIV AIDS di antara para pecandu.

Pecandu yang terinfeksi menjadi media efektif bagi penyebaran HIV, entah itu ke pasangan sah maupun pasangan tidak sahnya.

Penyebaran infeksi juga semakin cepat karena hobi gonta ganti pasangan kini menjangkiti banyak kalangan. Setiap hari, ada saja berita dipergokinya pasangan tidak sah baik di kamar hotel, kontrakan, maupun tempat wisata.

Kasus HIV di Indonesia: Banyak Ibu Rumah Tangga Tertular

Bukan hal mengejutkan jika para PSK terinfeksi HIV karena pekerjaan yang memang menuntutnya berganti-ganti pasangan. Namun kenyataannya, berdasarkan data Kemenkes, virus ini ditemukan paling banyak pada kelompok ibu rumah tangga dibandingkan kelompok lainnya.

Ibu rumah tangga yang dengan setia menunggu suami di rumah sembari mengurus anak, ternyata tak lepas dari ancaman mematikan ini. Ini terjadi karena penderita HIV seringkali tidak menunjukan gejala.

Meski para istri mengetahui perbedaan HIV dan AIDS, jika suaminya tidak mengetahui atau tidak mengaku dirinya terinfeksi, tentu istri tetap “tidur” dengannya bukan? Efek beruntunnya, jika ibu mengidap HIV, maka virus tersebut seringkali ditularkan ke calon bayinya.

Perlunya Informasi Perbedaan Anatar HIV dan AIDS serta Dampaknya

Dengan adanya sosialisasi tentang HIV dan AIDS serta dampak yang bisa ditimbulkan, diharapkan akan semakin membuka mindset para masyarakat untuk saling mengingatkan dan bahkan menolak untuk “terjerumus” ke dalam lembah penyakit tersebut. Serta, timbulnya kesadaran diri bahwa hal-hal diatas bisa timbul di tempat/lokasi yang dekat dengan narkoba, prosti, dan tempat-tempat maksiat yang sejenis.  Sudah saatnya termotivasi untuk selalu berpikir ” Mencegah lebih baik daripada mengobati”

Baca juga: Masalah Sosial di Indonesia

Semoga sedikit ulasan mengenai perbedaan HIVdan AIDS ini dapat dikatakan sebagai andil dalam pencegahan kemerosotan moral generasi muda sekarang ini.

credit img: yafindo.wordpress.com and profiles.nlm.nih.gov

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme