tokoternak.com

tempatnya beternak

7 Cara Mengatasi Penyakit Tinnitus (Telinga Berdengung)

Cara Mengatasi Penyakit Tinnitus, Gangguan ini sering tidak dianggap serius karena secara fisik, penderita tinnitus terlihat biasa. Tapi bagaimana jika suara berdenging itu datang sangat sering, setiap hari dan bahkan saat malam hari?

Apa Itu Tinnitus?

Tinitus sebenarnya bukan penyakit. Tinnitus adalah gangguang pada telinga dan kepala yang berupa suara berdesir atau berdengung. Jadi jika kita bisa mengatasi suara-suara mengganggu, maka tidak lagi ada masalah.

Bagi yang tidak pernah merasakan, bisa dibayangkan seperti nada tinggi melengking yang keluar dari radio. Gangguan berupa suara bising ini juga makin terasa saat berada di tempat yang sepi.

Apa Penyebab Telinga Berdengung?

Telinga berdengung pada kondisi tinnitus dapat disebabkan seringnya seseorang terkena suara bising dalam jangka waktu lama. Ada banyak penyebab lain seperti penggunaan obat, penyumbatan saluran telinga oleh kotoran, gangguan telinga bagian dalam, tumor saraf pendengaran, infeksi, hingga cedera kepala. Lebih jelas mengenai penyebabnya adalah dengan konsultasi ke dokter.

Cara Mengatasi Penyakit Tinnitus, Apa Sajakah?Cara Mengatasi Penyakit Tinnitus Telinga Berdengung

Jika kondisi bising tersebut terus saja datang dan makin mengganggu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagaimana disarankan oleh para dokter.

1. Hindari Aspirin

Aspirin pada dosis yang terlalu tinggi dapat menyebabkan tinnitus. Sebagaimana saran Dr. Oppemheimer, jika membutuhkan jenis obat tersebut, bisa diganti dengan Tylenol.

2. Hindari Musik Keras

Musik yang terlalu keras terutama jika pada pemakaian earphone bisa menyebabkan gangguan ini semakin parah.

3. Pakai Alat Bantu Bising

Jika kondisi ini tidak segera teratasi, keseharian bisa terganggu. Apalagi jika berdengung di waktu jam tidur, tentu membuat istrirahat jadi tidak berkualitas.

Inikah saatnya memakai alat bantu bising? CObalah tanyakan pada dokter tentang perlu tidaknya memakai alat bantu bising. Alat ini berukuran kecil yang bentuknya seperti alat bantu pendengaran.

4. Terapi Suara

Meski terapi suami tidak menyembuhkan, namun akan sangat membantu penderita mengurangi rasa bising yang mengganggu.

5. Say Not to Nikotin dan Alkohol

Rokok dan alkohol adalah dua monster yang ikut andil dalam menyebabkan gangguang ini. So, hindarilah.

6. Konsumsi Zink dan Ginko Biloba

Biasanya pasien gangguan ini memiliki kadar zat besi yang rendah. Untuk itu diperlukan penambahan konsumsi zat besi. Sementara itu, konsumsi ginko biloba juga membantu meredakan tinnitus.

7. Kurangi stress

Stress juga salah satu hal yang perlu dihindari oleh penderita karena saat tubuh tertekan, gangguan bisa jadi makin sering.

Nah, jika tujuh cara mengatasi penyakit tinnitus (telinga berdengung) di atas tidak harus dicoba sekaligus. Cobalah dari hal yang mudah. Semoga berhasil ya. Artikel ini membantu? Like Ya.

Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Tubuh dan Mata

Updated: July 17, 2016 — 6:01 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme