tokoternak.com

tempatnya beternak

Mengenal Tugas Customer Service Bank

Mengenal Tugas Customer Service Bank,  Jikalau saat ini ada diantara sobat maniak yang sedang/akan melamar menjadi CS Bank, beberapa tugas atau apa yang seharusnya dilakukan sebagai CS bank haruslah diketahui. Gunanya adalah sebagai persiapan dan langkah awal dalam memulai rasa tanggung jawab yang akan dipangku kelak. Alasan lainnya adalah sebagai pelamar sobat paling tidak akan memiliki gambaran apa yang akan dikerjakan nantinya dan membantu dalam proses wawancara ketika melamar pekerjaan tersebut.

Garis Besar Tugas Customer Service Bank

Gambar Ilustrasi Wewenang dan Tugas Customer Service BankSebagaimana arti harfiahnya customer service berarti layanan pelanggan, ini menunjukkan semua hal-ihwal tugas dari customer service bank adalah perantara antarabank dan nasabah. Beberapa point yang bisa diambil adalah:

1. Pegawai Garis Depan

Ini berarti sebagai CS, sobat dituntut untuk bisa berhadapan langsung dengan customer sebagai wakil dari bank yang diusung. Penilaian nasabah/pelanggan terhadap suatu bank dinilai dari bagaimana CS bank melayani mereka.

2. Perantara

Semua yang menjadi keluhan nasabah suatu bank akan dihadapi dan ditanggapi oleh customer service. Oleh karena itu CS menjadi perantara antara bank dan nasabahnya baik sekedar informasi hingga transaksi-transaksi penting.

3. Pusat Informasi

Dikarenakan seorang CS bank adalah mereka yang bergerak di garis depan, secara tidak langsung ia merupakan orang yang pertama kali dihubungi dikala nasabah/calon nasabah menemukan sesuatu yang dianggap sulit.

4. Penjual

Disamping dapat memberikan informasi yang dibutuhkan oleh nasabah dan calon nasabah, seorang Customer service bank juga berperan sebagai penjual produk suatu bank. Seorang CS harus bisa memasarkan apa yang menjadi andalan dari bank yang diusungnya.

Oleh karena ke empat hal diatas, maka sebagai CS bank, ia akan dituntut untuk bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Melayani calon nasabah/nasabah dalam pembukaan rekening tabungan, deposito, giro ataupun permohonan-permohonan nasabah yg lain. Bahkan dituntut untuk bisa memberikan informasi sedetail-detailnya tentang satu persatu dari produk bank. Untuk itu, seorang CS bank dituntut untuk banyak dan cepat belajar mengenai bank yang diusungnya

2. Jika ada nasabah yang kurang puas atau mendapatkan masalah tentang produk atau layanan, CS bank dituntut untuk bisa menghadapi dan menyelesaikan permasalahan tersebut.

3. Mengatur dan mengelola administrasi seputar daftar-daftar hitam dari Bank Indonesia dan nasabah-nasabah yang masih direhabilitasi.

4. Mengatur dan mengelola administrasi cek, giro, bilyet atau surat kuasa. Entah itu resi permintaan atau pengembalian.

5. Memberikan informasi mengenai saldo atau mutasi yang dimiliki oleh nasabah

6. Mengatur dan mengelola administrasi dari buku tabungan, cek,bilyet atau giro

7. Menawarkan produk-produk yang dikeluarkan oleh bank sesuai dengan kebutuhan dan keperluan nasabah dengan melihat kemampuan nasabah.

Wewenang Dari Tugas Customer Service Bank

Dikarenakan seorang customer service bank memeliki tugas yang penting sebagai jembatan antara bank dan nasabah dimana nantinya baik-buruknya nama suatu bank ada ditangan CS Bank, maka untuk membantu tugas-tugas tersebut seorang Customer Service Bank diberikan beberapa wewenang. Diantaranya adalah:

1. Menyaksikan seorang nasabah dalam melakukan pengisian form pendaftaran, aplikasi ataupun tentang perjanjian antara nasabah dan bank

2. Berwenang untuk tidak menerima (menolak) pengajuan pembukaan rekening oleh calon nasabah bila calon nasabah terbukti tidak masuk kriteria yang telah ditetapkan bank

3. Menverifikasi tanda tangan nasabah/pelanggan

4. Berwenang untuk menolak memberikan buku cek, giro atau bilyet jika nasabah tidak memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh bank

5. Berwenang melakukan penutupan akun rekening nasabah baik atas permintaan nasabah atau tidak sepanjang melalui peraturan yang telah ditetapkan oleh bank

Baca Juga: Cara Menjadi Pebisnis yang Sukses

Itulah beberapa point-point utama yang menjadi wewenang dan tugas customer service bank, untuk lebih jelas dan detail sobat dapat mengetahuinya diperaturan masing-masing bank yang bersangkutan. Semoga berguna bagi sobat dan jangan lupa Like serta Sharenya. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme