tokoternak.com

tempatnya beternak

Rahasia Cara Merawat Kenari Mabung

Cara Merawat Kenari Mabung, Jumpa lagi, sobat maniak! Kali ini admin akan membahas tentang burung :D, bukan burung “pelatuk” lho ya, kali ini yang dibahas adalah burung kenari. Nah, fokus kali ini adalah membahas burung kenari yang lagi mabung. Kenari mabung ini cukup repot ga repot juga ngurusinnya, apalagi kalau yang lagi pertama atau awal-awal memelihara burung kenari, bisa pusing tujuh keliling

Gambar Cara Merawat Kenari MabungEh, sebelum membahas lebih jauh, sebenernya, sobat pada tau ga apa sih arti dari mabung itu sendiri? Kalau belum tau sebenarnya istilah mabung ini sama dengan moulting. Kejadian ini adalah dimana bulu-bulu burung mengalami kerontokan untuk berganti dengan bulu yang baru. Kalau ular biasanya kan ada ganti kulit, nah kalau di kenari adanya ya moulting ini atau mabung. Dan yang perlu sobat tau adalah cara merawat kenari mabung ini perlu ketelatenan lebih dari biasanya.

Ciri-Ciri dan Cara Merawat Kenari Mabung

Ketika si kenari mulai mabung, sang burung akan mengalami beberapa hal – yang mana sobat perlu ekstra sabar dan perlu tau cara merawat kenari mabung milik sobat semua – diantaranya:

1. Bulu-bulu kenari mulai mengalami kerontokan
2. Lebih banyak diam, enggan berkicau

Jadi, coba perhatikan jika kenari milik sobat tiba-tiba malas berkicau dan diikuti dengan rontoknya bulu bulu, berarti kenari sedang mabung atau moulting. Sobat tak perlu kuatir dan cepat galau karena terkadang mabungnya kenari adalah karena sebab alami.Untuk itu kenali apa saja yang menyebabkan kenari mabung.

Penyebab dan Cara Merawat Kenari Mabung

Penyebab Kenari Mabung:

1. Usia

Kenari Muda dan Dewasa sama-sama akan mengalami mabung. Ini memang sudah menjadi siklus rutin sang Kenari (seperti ular ganti kulit itu, lho) Sebagai tanda bahwa sang burung mulai bertambah dewasa

2. Musim

Mabung musiman umumnya terjadi bebarengan dengan semua burung kenari. Jadi pada musim tertentu semua kenari sobat bisa saja mengalami mabung yang bebarengan.

3. Lingkungan

Faktor lingkungan juga bisa mempengaruhi mabungnya seekor kenari 🙂 Misalnya biasa sang kenari hidup di daerah yang dingin kemudian berpindah (karena dibeli mungkin…) ke daerah yang panas. Nah, hal ini juga dapat menyebabkan sang burung kenari moulting/molting

4. Hormonal

Faktor hormonal sering kali erat hubungannya dengan saat dimana burung kenari sudah waktunya untuk berkembang biak. Saat kenari mulai mengalami fase dimana sudah saatnya ia berkembang biak, hormon pada burung kenari akan tidak stabil, burung kenari sudah mulai bergairah/birahi tinggi terhadap lawan jenis. Ini juga bisa menyebabkan kenari mengalami mabung.

Perawatan Kenari Saat Mabung:

Gambar Sangkar Cara Merawat Kenari MabungSaat Kenari mulai mabung, pemilik kenari diharuskan mulai mempersiapkan perawatan dan hal-hal yang diperlukan oleh sang burung. Diantaranya adalah:

1. Tempat

Saat kenari mulai mabung, langkah awal yang tepat sebagai tindak perawatan untuk sang burung adalah menyediakan tempat yang berbeda dari kenari yang tidak mabung. Usahakan segera memisahkan kenari mabung tersebut. Letakkan kenari ditempat yang tenang. Jauh dari suara-suara bising baik lalu-lalang orang atau kendaraan. Usahakn tempat yang setenang mungkin dan tutup dengan kerodong kandang si kenari, ini berguna agar suhu di dalam kandang selalu stabil

2. Makanan

Proses mabung ini merupakan proses yang melelahkan bagi si kenari, karena saat-saat seperti ini kenari akan menguras tenaganya. Untuk itu, makanan yang mengandung protein, vitamin dan nutrisi tinggi sangat diperlukan oleh sang Burung kenari yang sedang mabung. Perlu sobat ketahui, semakin baik dan bergizi makanan kenari disaat-saat ia mabung akan semakin bagus pula kualitas fisik, bulu dan suara sang kenari nantinya jika mabungnya telah selesai.

3. Memandikan

Saat kenari mabung, usahakan jangan terlalu sering untuk memandikannya. Saat mabung kenari merontokkan bulu-bulunya, jika sering dimandikan nanti akan mengganggu kesehatan si kenari. mandikan cukup seminggu atau dua minggu sekali saja dan setelah dimandikan jangan lupa untuk dijemur agar suhu tubuh kenari cepat kembali lagi.

Yang perlu diingat ketika menjemur kenari adalah jangan terlalu lama, 30 menitan saja sudah cukup. Soalnya, kenari juga memerlukan kandang yang sedikit sejuk dan lembab untuk proses mabungnya. Untuk itu, disarankan kepada pemilik kenari yang sedang mabung untuk melakukan penyemprotan pada kandang kenari mabung, perlu diingat lagi cukup lembab saja jangan sampai basah karena jika sampai basah jamur akan tumbuh.

4. Berlatih

Walaupun sedang mabung, jangan lupa sesekali untuk melatih suara kenari. Saat mabung adalah saat-saat dimana kenari menyetting ulang suaranya, oleh karena itu pemilik juga dituntut untuk dapat melatih suara kenari agar tetap dan bertambah OK. Bisa dengan cara memutarkan mp3 suara burung kenari.

Durasi dan Makanan yang baik Pada Saat Kenari Mabung

Gambar Makanan dalam Cara Merawat Kenari MabungProses mabung pada kenari biasanya memakan waktusekitar 4-7 minggu. Jadi, jika proses mabung kenari sobat semua kurang dari itu, dikhawatirkan mabung kenari sobat belumlah tuntas dan jika lebih dari waktu diatas dikhawatirkan proses mabung malah berlangsung terus menerus. Faktor “bawaan bayi” burung kenari juga mempengaruhi lama tidaknya mabung si kenari. jadi saat mabung usahakan beri makanan yang bergizi bagi kenari sobat semua saat ia mabung.

Untuk sobat maniak memutuskan memiliki kenari dan mencari tau cara merawat kenari mabung pada akhirnya, sobat maniak harus menyiapkan makanan yang bergizi bagi kenari yang sedang mabung tersebut. Nah, mari lanjutkan membahas makanan untuk sang kenari mabung.

Sebenarnya makanan yang mencakup energi, vitamin dan mineral adalah yang dibutuhkan disaat-saat mabung karena akan erat kaitannya dengan kualias baik dan nggaknya mabung. Namun beberapa pemilik burung kenari, sesuai pengalaman dan uji coba yang telah dilakukan menyarankan beberapa makanan wajib disaat mabung seperti tulang sotong, biji kecambah dan telur rebus. Sedangkan asupan nutrisi ekstra bisa diselipkan pada makanannya atau minumannya.

Okay, lah cukup sekian untuk pembahasan ini, semoga sobat maniak yang pecinta burung kenari dapat berhasil menemani si kenari saat ia mabung. Sekira bermanfaat, Jangan lupa bantuan like dan share untuk tulisan cara merawat kenari mabung ini ya 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme