tokoternak.com

tempatnya beternak

Contoh Masalah Sosial di Indonesia

Contoh Masalah Sosial di Indonesia,udah menjadi rahasia umum, setiap negera tentu saja memiliki berbagai masalah. Mulai dari masalah ekonomi, budaya, sampai masalah sosial, terlebih lagi di negara Indonesia ini. Dengan luasnya negara yang terpecah-pecah menjadi beberapa pulau besar dan kecil, menjadikan masalah yang terjadi di negara Indonesia ini kian komplek dan komplikasi.

Gambar Contoh Masalah Sosial di IndonesiaUntuk kali ini, mari kita mencoba melihat beberapa contoh masalah sosial di Indonesia yang sering terjadi. Diharapkan dengan melihat dan mengetahui lebih dalam tentang masalah sosial yang terjadi. Kita, sebagai warga bangsa Indonesia, dapat menghilangkan atau setidaknya meminimalisir bersama-sama masalah sosial yang terjadi.

Contoh Masalah Sosial Dalam Masyarakat

Jika kita mau lebih jeli melihat sekeliling, maka akan dijumpai beberapa contoh masalah sosial masyarakat yang kerap dan berulang-ulang terjadi. Pencurian, Penjambretan, Pemerkosaan hinga Sek* bebas merupakan beberapa permasalahan sosial yang hampir selalu ada di masyarakat. Bahkan, jumlah kejadiaanya pun kian lama kian meningkat dan dengan cara yang semakin baik pula. Ambil contoh, jika dahulu penjambretan hanya sering terjadi di daerah sepi atau di pasar-pasar dengan cara mengambil paksa barang milik orang lain, kini penjambret sudah mulai menggunakan sepeda motor untuk melakukan aksinya.

Contoh Masalah Sosial Remaja Indonesia

Sebagaimana lingkup masyarakat, lingkup yang lebih kecil seperti lingkup remaja pun tak luput dari berbagai masalah. Salah satunya masalah sosial remaja yang terjadi di sekolah, mencontek, membolos, tawuran hingga pengangguran. Hal-hal tersebut merupakan sebuah masalah yang sering dan berulang terjadi, dan pelaku utamanya sering kali remaja. Untuk yang terkahir, pengangguran, biasanya masalah ini muncul dan semakin bertambah disaat musim akhir jenjang pendidikan berakhir, entah di universitas atau di sekolah menengah.

Masalah Sosial dan Solusinya

Berbicara masalah sosial, maka menuntut tindakan kolektif sosial juga. Tidak bisa hanya mengandalkan satu institusi saja. Contoh, tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah saja tanpa melibatkan masyarakat yang bersangkutan. Tidak bisa hanya melibatkan satu organisasi tanpa bantuan organisasi yang lain. Ada imbal balik,kebutuhan dan saling keterkaitan antara satu institusi dengan istitusi yang lain jika ingin menyelesaikan masalah sosial.

Pemerintah dituntut menyediakan fasilitas yang diperlukan serta rules yang mengikat dan benar-benar ditegakkan tanpa pandang bulu dalam menyikapi pelaku masalah sosial, sedangkan masyarakat dan ormas-ormas membantu pemerintah mengontrol perilaku sosial yang terjadi dilingkungannya masing-masing. Dengan adanya timbal balik seperti ini, diharapkan penekanan,pengurangan bahkan penghilangan masalah sosial di Indonesia bisa terwujud.

Okay, segitu dulu, semoga tulisan tentang contoh masalah sosial di Indonesia ini bisa berguna dan dapat sedikit membantu mengurangi masalah sosial yang terjadi secara langsung atau tidak langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme