tokoternak.com

tempatnya beternak

Tips Belajar Fotografi Pemula – Exposure

Tips Belajar Fotografi Pemula – Exposure,Hai, ada yang hobi fotografi? Suka jeprat-jepret dengan kamera DSLR? Kalau sobat semua pemula dalam per-DSLR-an, ada baiknya kenali dasar-dasar yang harus diketahui dalam hal fotografi. Kali ini, Admin mencoba memberikan salah satu tips belajar fotografi, Exposure. Dengan mengetahui ini diharap sobat nanti punya gambaran akan melakukan apa terhadap kamera DSLR sobat tersebut.

Gambar Pemahaman Tips Belajar Fotografi Pemula - ExposureApa yang dimaksud dengan Exposure dalam fotografi? Ini yang biasanya terlintas dalam benak pemula (…. kaya admin ini) ketika mencoba pertama kali belajar tentang fotografi. Secara mudahnya, Exposure adalah jumlah paparan cahaya yang ditangkap oleh sensor kamera ketika memotret. Nah, Jika exposure/paparan cahaya yang didapat si sensor kamera terlalu banyak maka sobat akan mendapatkan gambar yang terlalu terang. Begitu juga sebaliknya, jika paparan cahaya yang ditangkap kamera sedikit hasil dari pemotretan menjadi “redup” atau agak gelap.

Tips Belajar Fotografi Pemula – Bagian Penting dalam Exposure

Dalam permasalahan exposure, ada 3 bagian peting yang harus sobat ketahui juga, bagian ini akan sangat menentukan hasil jepretan yang akan didapat. ISO, Shutter Speed dan Aperture. Tiga hal tersebut erat hubungannya dengan permasalahan cahaya. Kali ini kita coba ambil penjelasan singkatnya saja.

1. ISO

Gambar Tips Belajar Fotografi Pemula - Exposure - ISOIso bisa dikatakan sebagai ukuran seberapa peka sensor kamera terhadap cahaya. Pada kamera-kamera DSLR, ISO biasanya anatara rentang 100-800 (.. saat ini banyak yang lebih). Jadi, Semakin rendah nilai angka yang ditunjukan pada ISO maka semakin lama pula sensor kamera menangkap cahaya yang masuk, begitu juga sebaliknya. Contoh: Untuk menghasilkan gambar yang terang di tempat yang minim cahaya, membesarkan nilai ISO akan sangat membantu mendapatkan gambar yang baik. Namun perlu diingat, ISO yang terlalu besar juga akan menghasil GRAIN atau NOISE pada gambar.

2. Shutter Speed

Gambar Tips Belajar Fotografi Pemula - Exposure - Shutter SpeedIni bisa dikatan sebagai ukuran seberapa lama/cepat sensor kamera menerima cahaya. Jadi, ketika kamera di”klik” ada semacam “jendela” (..meminjam istilah dari belfot.com) yang akan terbuka dan memasukkan cahaya kepada sensor kamera. Lha, jeda/rentang waktu antara “klik” dan terbukanya jendela tersebut dinamakan Shutter Speed. Hitungannya diukur dengan detik, 1/2000 (seper dua ribu detik) ini sangat cepat dan 8 (delapan detik) sangat lambat.

3. Aperture

Gambar Tips Belajar Fotografi Pemula - Exposure - ApertureTips belajar fotografi pemula yang menyangkut exposure yang terakhir adalah APerture, apa itu? Aperture merupakan ukuran besar lensa kamera (lubang rana) yang terbuka pada saat memotret. Besar bukaan rana (besar lensa yang terbuka) biasa diukur dengan f/number. Contohnya f/1.8 (aperture besar) atau f/22 (aperture sangat kecil).

Tips Belajar Fotografi Pemula – Fungsi dari Exposure

Tiga bagian penting diataslah yang berpengaruh besar terhadap exposure pada gambar yang dihasilkan kelak. Jalinan “mesra” ketiga hal tersebut yang dinamakan exposure. Gambar sobat akan tampak terlalu bercahaya atau terlalu gelap gulita adalah hasil dari settingan exposure kamera itu sendiri. Untuk settingan ketiga hal tersebut akan dibahas dikemudian hari dalam tempo yang sesingkat-singkatnya 😀

Sekian dulu ye penjelasan mengenai Exposure, jika ada salah-salah kata, salah-salah ketik harap dimaklumi, yach namanye juge manusieeee 😛 Jangan lupa tips belajar fotografi pemula – Exposure ini diLike dan diShare yaa. Xie Xie 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme