tokoternak.com

tempatnya beternak

Mengapa Air Laut Asin dan Berwarna Biru

Mengapa Air Laut Asin dan Berwarna Biru, Jumpa lagi sobat maniak 😀 he he.. Kali ini admin maniak mau memberi sedikit informasi ilmu umum nih biar sobat maniak semua tidak dianggap kudet dan kuper hasyeek!!!. Info kali ini membahas tentang alam disekitar kita, yaitu laut.

Gambar Penjelasan Mengapa Air Laut Asin dan Berwarna Biru

Sering pergi ke laut, kan? Atau disini ada yang anak pelaut, anak nelayan, atau bahkan bajak laut kaya si Luffy The Monkey??? Tentu bagi kalian akan bertanya-tanya ketika pertama kali ke laut, mengapa air laut rasanya asin dan mengapa air laut berwarna biru jika dilihat dari jauh? iya kan.. iya kan?

Penyebab Mengapa Air Laut Asin

Okayy, jika sobat maniak semua masih ingin mengetahui kronologi kejadiannya, lanjutkan membaca. Jadi, pada saat terjadi hujan di daratan air hujan yang melimpah ruah jatuh dari langit turun ke bumi itu pada akhirnya para air yang mengalir sampai jauh akan sampai ke laut. Pada saat si air hujan tersebut berjuang menuju laut, ia tak mau bertangan kosong dengan segenap kemampuan yang dimiliki si Air, ia membawa garam-garam mineral yang terkandung di tanah. Akhirnya garam-garam ini sampailah ke laut karena dibawa oleh si Air.

Gambar Ilmu Ilmiah Mengapa Air Laut Asin dan Berwarna Biru

air laut tampak biru

Terus jika sobat bertanya lagi, kenapa tiap laut asinnya berbeda-beda? Okey mari kita lanjutkan membaca :)) Permukaan laut kan sangat luas. Nah, karena luas ini lah air laut mengalami penguapan yang dipelopori oleh panas cahaya matahari. Saat terjadi penguapan air berubah menjadi uap dan naik keatas meninggalkan perbekalan yang ia bawa dari daratan berupa garam mineral. dan perlu sobat maniak ketahui curah panas di tiap daerah berbeda-beda. Karena, perbedaan curah panas cahaya matahari inilah yang menyebabkan kadar asin laut di tiap daerah berbeda-beda. Semakin panas suatu daerah semakin panas kadar asin laut tersebut.

Lho tapi kok air danau rasanya tidak asin? Padahal kan terkena curah cahaya matahari juga? mendapat garam-garam mineral juga? jawabanya ya itu tadi, permukaan danau tidak cukup luas untuk proses penguapan seperti laut. Disamping itu, garam-garam mineral di laut juga diperoleh dari banyak tempat tidak seperti danau. Paham? hehehehe….

Mengapa Air Laut Berwarna Biru

Satu hal ini juga sering dipertanyakan oleh sobat-sobat maniak yang lain. Sebenarnya warna air laut adalah bening atau tak berwarna. Terus mengapa terlihat biru? Itu hanya karena proses refleksi saja.

Laut tampak biru menurut Dr.Simon Boxall, dari the National Oceanography Centre di Southampton dikarenakan adanya proses penyerapan cahaya & karena di laut tersebut terdapat phytoplankton  yang memiliki klorofil (phytoplankton adalah tumbuhan  yang memiliki ukuran mikro dan hidupnya di dalam air). Molekul yang terdapat pada klorofil kemudian memerangkap energi dari sinar matahari,”

Warna yang kita lihat tersebut adalah hasil dari Klorofil yang menyerap spetrum cahaya merah & biru kemudian memantulkan warna hijau.

Gambar Mengapa Air Laut Asin dan Berwarna Biru

air danau berwarna hijau

“Saat perairan penuh oleh phytoplankton, sebagian besar cahaya biru terserap oleh klorofil tanaman tersebut,yang menyebabkan air tampak berwarna kebiruan . Namun, ketika air kekurangan phytoplankton, berarti tidak ada penyerapan sinar berwarna biru, maka laut tampak berwarna hijau” ujar Dr. Simon Boxall. Okey, sudah tahu,kan sekarang? Ga kudet lagi, kan? Ga kuper lagi,kan?

Info Tambahan:

* Kebanyakan kadar garam air laut di dunia adalah 3,5% ( dalam 2,5liter atau 2500ml air terdapat 60gr Garam)

* Laut paling tawar adalah di Timur Teluk Finlandia & Utara Teluk Bothnia, yang merupakan dari Laut Baltik

* Laut paling asin adalah Laut Merah

Okai, sobat maniak semua itulah Mengapa Air Laut Asin dan Berwarna Biru. Semoga menambah wawasan dan berguna bagi sobat maniak semua ya. Jangan lupa untuk Like blog ini di akun sosial media sobat-sobat semua ya. Xie Xie 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme