tokoternak.com

tempatnya beternak

Cara Budidaya Ikan Nila Air Tawar

Disaat ini banyak sekali orang yang mulai mengembangkan bisnis dalam pembudidayaan ikan, karena permintaan ikan yang tidak pernah surut dan cara pembudidayaannya yang tidak sulit. Salah satu pembudidayaan ikan air tawar yang banyak diminati yaitu budidaya ikan nila. Ikan nila adalah salah satu ikan yang populer di masyarakat indonesia karena rasanya yang enak dan memiliki kandungan gizi yang banyak. Apalagi ikan nila memiliki harga yang bisa dijangkau oleh semua kalangan masyarakat sehingga budidaya ikan nila akan menjadi bisnis yang sangat menguntungkan karena mudah untuk dipasarkan. Dan untuk memulai bisnis tersebut yang perlu anda perhatikan yaitu tentang cara budidaya ikan nila.
 
Cara-Budidaya-Ikan-Nila
 

Cara Budidaya Ikan Nila Yang Baik dan Benar

Cara budidaya ikan nila sendiri terbilang tidak sulit untuk dilakukan karena hal yang perlu diperhatikan hanya setingan tempat dan cara pemeliharaannya. Jadi walaupun kolam yang anda buat cuma dari kolam terpal tapi setingannya sudah tepat maka budidaya anda akan berhasil. Tahapan-tahapan untuk budidaya ikan nila yaitu mulai dari persiapan kolam, penebaran benih, pemberian makan dan yang terakhir masa panen.

Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam

Cara-Budidaya-Ikan-Nila
Tahap pertama cara budidaya ikan nila adalah persiapan kolam, kolam yang pas untuk budidaya nila yaitu kolam dengan jenis tanah liat/berpasir. Sebelum diisi air kolam harus dikeringkan dan diberi garam untuk membasmi jamur saat proses pengeringan. Setelah kolam siap dan diisi air maka selanjutnya tahap penebaran benih, setelah memilih benih-benih berkualitas maka benih nila dilepaskan perlahan ke dalam kolam. Setelah ikan sudah berada di kolam maka harus diperhatikan intensitas dan kualitas pemberian makan setiap harinya. Pakan yang digunakan yaitu pelet, dedak halus maupun ampas tahu. Setelah berjalan sekitar 3-6 bulan maka ikan nila siap untuk dipanen dan akhirnya dipasarkan.
Updated: November 24, 2014 — 1:00 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme