tokoternak.com

tempatnya beternak

Cara Budidaya Belut Air Tawar

Di era modern seperti saat ini sudah banyak sekali perkembangan dalam dunia bisnis karena sekarang semua orang dapat dengan mudah untuk mencari informasi dan untuk melakukan transaksi bisnis. Salah satu bisnis yang mudah dan mulai diminati masyarakat adalah Budidaya Belut karena banyaknya permintaan dipasaran sedangkan ketersediaan belut di pasaran dari hasil tangkapan semakin sedikit. Belut sendiri merupakan salah satu binatang air yang digolongkan ikan meskipun bisa hidup di lumpur yang memiliki sedikit air. Dan bagi anda yang ingin memulai bisnis ini anda harus mengerti tentang cara budidaya belut terlebih dahulu sehingga ketika memulainya anda akan mendapatkan kemudahan dalam menjalankannya.

Cara Budidaya Belut Yang Baik dan Benar

Cara-Budidaya-Belut
Untuk mengetahui cara budidaya belut anda harus mencari banyak informasi dari berbagai macam sumber, seperti internet atau buku. Sebelum membudidayakn belut anda harus mengetahui bahwa ada dua segmen budidaya belut, yaitu pembibitan dan pembesaran belut. Pembibitan bertujuan untuk menghasilkan bibit-bibit atau anakan dari belut sedangkan pembesaran belut bertujuan untuk menghasilkan belut hingga ukuran siap dikonsumsi. Yang pertama harus diperhatikan yaitu pemilihan bibit belut, bibit belut bisa didapatkan dari hasil tangkapan maupun dari hasil budidaya. Semuanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing, seperti bibit belut dari hasil tangkapan memiliki ukuran yang tidak seragam dan memiliki rasa yang lebih gurih sedangkan bibit belut dari hasil budidaya memiliki ukuran yang seragam dan dapat tersedia dalam jumlah yang banyak.

Cara Budidaya Belut Yang Menguntungkan

Cara-Budidaya-Belut
Yang perlu diperhatikan berikutnya untuk cara budidaya belut adalah tempat  melakukan budidaya, budidaya belut dapat dilakukan dikolam permanen atau di kolam semi permanen. Kolam permanen seperti kolam tanah dan kolam tembok sedangkan kolam semi permanen yaitu kolam yang terbuat dari drum atau tong yang tinggal di beri lumpur, kompos, pupuk TSP dan air. Karena begitu mudahnya media yang digunakan maka budidaya belut ini dapat menjadi bisnis yang mudah dan menguntungkan.
Updated: November 8, 2014 — 1:00 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme