tokoternak.com

tempatnya beternak

STOP PENGGUNAAN ANTIBIOTIK PADA AYAM

Selama ini antibiotik biasa digunakan oleh kalangan peternak ayam untuk membunuh bakteri sehingga ayam terhindar dari penyakit. Namun saat ini telah dikembangkan teknologi terbaru yang disebut dengan probiotik sebagai pengganti antibiotik agar ayam yang dihasilkan jauh lebih sehat. 
ayam probiotik
Salah satu contohnya adalah di peternakan di Amerika Serikat. Perdue, produsen besar yang memproduksi ayam di Amerika Serikat, telah mengurangi penggunaan antibiotik. Ini merupakan langkah maju dalam sebuah industri.  Mengapa perlu dilakukan pengurangan penggunaan antibiotik? Hal ini karena penggunaan antibiotik dapat menimbulkan permasalahan baru dimana kuman-kuman sudah kebal dengan antibiotik yang biasa kita berikan dan dapat berakibat pada penyakit yang lebih berbahaya terhadap ayam tersebut.
Jika seseorang mengonsumsi antibiotik, kemungkinan bakteri dapat berkembang biak. Penggunaan secara berkala dengan dosis yang tidak tepat dapat menyebabkan peningkatan jumlah bakteri yang kebal terhadap antibiotik.
Karena itulah, daripada terus-terusan memberikan ayam antibiotik untuk pertumbuhan, Perdue lebih berfokus untuk memastikan telur yang mereka produksi berasal dari ayam yang sehat. Selain itu, para pekerja juga mengkondisikan ayam tetap bersih. Mereka telah mengurangi atau menghilangkan beberapa penggunaan antibiotik dalam operasinya.
Apa yang dimaksud dengan probiotik disini? Probiotik merupakan ‘bakteri baik’ yang dapat mendesak keluar mikroba berbahaya yang dapat membuat ayam sakit.
“Awalnya kami skeptis tentang probiotik. Delapan tahun yang lalu, saya mengatakan bahwa probiotik tidak bekerja optimal pada unggas. Akan tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa ayam yang mendapat probiotik dapat tumbuh dengan sehat,” tutur Brown.
Di pasaran Amerika Serika, ayam jenis probiotik mempunyai harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan ayam dari peternakan biasa. Hal ini disebabkan karena ayam jenis ini mempunyai tekstur daging ayamnya lebih bersih dan tidak berbau lemak. Rasanyapun lebih empuk dan tidak timbulkan bau anyir.
Updated: October 8, 2014 — 6:42 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme