tokoternak.com

tempatnya beternak

FUNGSI NUTRISI BAGI AYAM

Setiap nutrisi yang terkandung dalam pakan memiliki fungsi yang berbeda dalam menunjang pertumbuhan dan perkembangan ayam. Berikut ini fungsi nutrisi yang terkandung di dalam pakan ayam.
FUNGSI NUTRISI BAGI AYAM
1. Fungsi Pemeliharaan atau mantenance
Nutrisi diperlukan untuk menjag dan memelihara fungsi tubuh ayam tanpa ada penmbhan dan pengurangan bobot badan atau aktivitas produksi lainnya. Jadi, nutrisi tidak digunakan untuk produksi. Aktivitas pemeliharaan yang dilakukan oleh nutrisi meliputi hal sebagai berikut:
  • Panas untuk menjaga temperatur tubuh dan menjaga organ vital tubuh tetap berfungsi
  • Energi untuk bergerak, serta untuk memperbaiki sel dan jaringan tubuh yang rusak sehingga tetap berfungsi
2. Pertumbuhan atau Growth
Pertumbuhan didefinisikan sebagai pertambahan dari ukuran tulang, otot. organ dalam tubuh dan bagian-bagian tubuh lainnya. Proses ini dimulai dari sebelum ayam menetas, setelah menetas, sampai mencapai pertumbuhan penuh dan dewasa. Nutrisi untuk pertumbuhan itu sendiri dipengaruhi oleh jenis kelamin, umur, bibit, tingkat pertumbuhan dan kesehatan ayam.
3. Reproduksi atau reproduction
Setelah menetas, tingkat kehidupan lebih lanjut adalah bereproduksi dengan baik. Reproduksi didefinisikan sebagai pertemuan antara sel kelamin jantan dan sel kelamin betina (ovum) sehingga terjadi pembuahan dengan sempurna. Peranan nutrisi terhadap reproduksi ayam berhubungan dengan tingkat produktivitasnya dalam menghasilkan telur dan kualitas sperma. Tingkat ini merupakan tingkat tertinggi dari nutrisi yang digunakan.
Updated: October 25, 2014 — 2:24 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme