tokoternak.com

tempatnya beternak

AYAM PELUNG, TREND AYAM HIAS INDONESIA

Tak dapat dipungkiri, dari beberapa tahun belakangan ini, masyarakat Indonesia mulai banyak yang meminati untuk memelihara ayam pelung. Saat ini pamor ayam pelung tak terpisahkan bahkan terus menjamur di kota-kota daerah Jawa Barat seperti Banjar, Ciamis, Tasikmalaya, Garut, Sumedang, Bandung Cianjur dan Bogor.

Bahkan eskostisme ayam ini sangat tinggi karena mempunyai postur tubuh yang besar serta suara lengkingan panjang, menjadi ciri khas daya tarik dari ayam pelung. Lalu apa lagi keunikan ayam pelun ini?

Ayam pelung memang banyak memiliki keunikan dan kelebihan tersendiri. Postur tubuh jumbo dengan bobot mencapai kurang lebih 6 sampai 7 kg, bahkan lebih. Sedangkan ciri yang paling menonjol yakni terletak pada suara kokoknya yang sangat panjang, tebal dan bergema.
Ciri lain yang dimiliki dari ayam pelung asli, dapat dilihat dari beberapa bagian sisi, seperti; memiliki paruh yang sangat kokoh dan besar, mata terlihat besar nan bersinar tajam. Jengger merah tegak ke atas dan bagian pial berwarna merah, dan tidak sedikit khusus untuk bagian pialnya selalu didominasi sedikit bercak putih.
Biasanya bagi orang yang telah mendengar suara lengkingan dari ayam pelung, sudah pasti tidak akan beranjak begitu saja, karena suara khas yang dimiliki unggas satu ini tergolong sangat unik dengan lantunan vokal terindah dengan nada suara awal tengah dan akhir bagaikan orang bernyanyi. Terdengar sangat jelas dengan nilai oktav yang cukup tinggi.

ayam pelung

ayam pelung

ayam pelung

Updated: October 20, 2014 — 12:58 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme