tokoternak.com

tempatnya beternak

LOMBA KURUNGAN AYAM

Klaten – Banyak hal unik dilakukan untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-69 RI. Salah satunya dilakukan warga Dukuh Bunder dan Jarakan, Desa Bandungan, Jatinom, dengan menggelar lomba membuat kurungan ayam.
Lomba sengaja dilakukan lantaran mayoritas warga setempat berprofesi sebagai perajin kurungan ayam itu hanya boleh diikuti kalangan dewasa, baik pria maupun wanita. Pasalnya, membuat kurungan ayam dibutuhkan keterampilan menggunakan arit dan gergaji ketika membuat kurungan berbahan dasar bambu itu.
“Lomba ini memang khusus diperuntukkan bagi orang dewasa karena mereka sudah terlatih menggunakan arit atau gergaji saat memangkas bambu menjadi potongan -potongan yang lebih kecil. Sehingga bambu tersebut nantinya akan dirangkai menjadi sebuah kurungan ayam,” jelas Kepala Dukuh Bunder dan Jarakan, Giyanto.
Ia menambahkan, selain untuk memeriahkan kemerdekaan RI, lomba membuat kurungan ayam juga sebagai sarana melestarikan budaya warga Desa Bandungan.
“Warga di sini mayoritas berprofesi sebagai perajin kurungan ayam. Sejak tahun 1970-an, kakek nenek kami telah mampu membuat kurungan. Sehingga tidak hanya mendongkrak perekonomian, lomba ini juga untuk melestarikan warisan leluhur,” imbuh Giyanto.
Updated: September 11, 2014 — 11:25 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme