tokoternak.com

tempatnya beternak

KANDANG AYAM TIPE POSTAL (LITTER SYSTEM)

Kandang ayam sistem postal banyak digunakan untuk memelihara ayam broiler secara komersial. Memang dari segi sirkulasi udaranya, kandang ayam tipe ini tidak sebaik seperti tipe panggung. Karena itulah ada beberapa poin penting yang harus diingat ketika membangun kandang ayam dengan sistem postal ini.

kandang ayam

kandang ayam

KANDANG AYAM TIPE POSTAL (LITTER SYSTEM)

  1. Atap kandang menggunakan sistem monitor agar sirkulasi udara di dalam kandang bisa mengalir dengan baik.
  2. Tidak menggunakan penutup dari bahan seng karena seng bisa menyerap panas dari sinar matahari dan melepaskannya ke bawahnya. Ada baiknya jika atap kandang dibuat dari rumbia, genting, abses atau bahan lain yang tidak melepaskan panas ke bagian bawahnya.
  3. Kandang dibangun di atas lahan terbuka dengan tujuan angin dan sirkulasi udara bisa berjalan lancar.
  4. Lebar kandang tidak lebih dari 7 meter. Tujuannya agar pergantian aliran udara bisa berjalan cepat dan tidak ada penumpukan udara panas di dalam kandang.
  5. Tinggi kandang ayam setidaknya 2,4 meter diukur dari lantai sampai garis atap terendah. Kandang yang dibangun di daerah dengan iklim yang panas dan kering sebaiknya memiliki tinggi yang setidak-tidaknya 3 meter.
  6. Jarak atap terakhir dengan dinding kandang setidaknya berjarak 1,5 meter, bertujuan membuat ujung atap tersebut menjadi seperti canopi yang berfungsi untuk menghindari masuknya air hujan dan sinar panas berlebih dari matahari. Kemiringan canopi atau ujung atap ini biasanya sekitar 35 derajat.
  7. Bahan baku bangunan dan konstruksi atapnya harus sesuai dengan kekuatan topang kandangnya itu sendiri. Konstruksi kandang yang nyaman adalah yang pondasinya terbuat dari besi dan semen. Jika pondasi memakai kayu, perhatikan daya tahan kayunya hingga berapa lama.
  8. Lantai pada kandang ayam tipe ini sangat penting sekali karena berkaitan dengan program kontrol penyakit. Untuk itulah kandang dengan tipe postal ini lantainya dibuat memakai semen dengan tujuan mudah dibersihkan dan mempermudah kegiatan sanitas/ kebersihan.
  9. Arah kandang juga harus menjadi perhatian karena harus diusahakan sinar matahari tidak masuk langsung ke dalam kandang tapi sebaliknya, udara dan aliran angin bisa masuk langsung ke dalam kandang.

kandang ayam

kandang ayam

kandang ayam
Updated: September 13, 2014 — 9:11 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme