tokoternak.com

tempatnya beternak

BETERNAK AYAM KATE

Ayam Kate. Wanita ini bernama Indah Riyantiningsih, ia sudah sejak satu tahun yang lalu mulai memelihara ayam kate. Kandang ayamnya pun diletakkan di samping rumahnya. Awalnya jumlah ayamnya ini hanya satu, tapi terus berkembang dan berkembang hingga saat ini ayam katenya berjumlah puluhan ekor.

Ibu ini dulunya pernah memelihara kucing persia dan berkembangbiak. Namun akhirnya dirinya kerepotan karena kucing harus rutin dimandikan dan divaksinasi. Selain itu, bulu kucing bisa terhisap dan akibatnya dia bisa terserang migrain. Walhasil setelah konsultasi dengan dokter dia disuruh untuk tidak lagi memelihara kucing. Apa mau dikata akhirnya Indah menjual kucingnya dan kemudian membeli ayam kate di pasar.
Ternyata beternak ayam jauh lebih disukainya, “Bagi kami memelihara jenis ayam kerdil seperti kate bisa untuk hiburan. Setiap melihat ayam kate rasanya senang, karena lucu dan cantik,” jelas Indah.
Ayam kate sangat mudah dikembangbiakkan, sekali bertelur saja bisa 12 sampai 15 butir. Saat anakan sudah mulai besar ia jual di pasar dengan harga lumayan, bahkan bisa sampai 200 ribu rupiah.

Updated: September 2, 2014 — 4:29 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme