tokoternak.com

tempatnya beternak

Prasarana Penunjang Kandang Ayam

Ada banyak prasarana sebagai penunjang sarana utama dalam peternakan ayam broiler, tujuannya adalah untuk mempermudah peternak dan dalam menjalankan/ operasionalisasi sehari-hari.
Beberapa prasarana yang harus dilengkapi tersebut antaranya:

Tempat penampungan air

Di lokasi peternakan sebaiknya dekat dengan sumber air atau setidaknya mencukupi kebutuhan sehari-hari terutama pada musim kemarau. Air adalah kebutuhan mutlak dari ayam karena kandungan air di dalam tubuh ayam mencapai 70%. Jumlah air yang dikonsumsi oleh ayam tergantung dari jenis, umur, jenis kelamin, berat badan dan cuaca.

Jalan masuk

Akses jalan masuk ke peternakan atau ke dalam kandang harus menjadi prioritas, karena jalan berperan penting dalam pengiriman bibit ayam, obat-obatan, pakan dan pengangkutan panen ayam.

Jaringan listrik

Listrik sangat penting karena mempunyai banyak fungsi, salah satunya adalah menghidupkan pompa air sehingga bisa menampung air dalam penampungan air, peralatan kantor, automatic feeder, exhaut fan dan mesin penyiram dan semprot.

Jaringan komunikasi/ telpon

Usahakan tempat peternakan atau kandang ayam berada di tempat yang masih tercapai oleh sinyal handphone agar bisa mempermudah komunikasi.

Pintu masuk kandang dan pagar peternakan

Pintu masuk ke dalam peternakan ayam juga harus mudah dilalui kendaraan dan aman. Jadi walau mudah dilalui kendaraan tapi kandang terlindungi dari kemungkinan ayam yang lari atau dicuri oleh orang iseng.

Baca Juga:

 

Updated: August 7, 2014 — 3:43 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme