tokoternak.com

tempatnya beternak

KANDANG AYAM TIPE PANGGUNG (SLAT SYSTEM)

Kandang ayam tipe panggung adalah tipe kandang ayam yang paling banyak dibangun dan digunakan untuk mengatasi temperatur panas pada siang hari. Konstruksi dari rangka kandang biasanya terbuat dari kayu, bambu dan bisa juga kayu dolken. Pada daerah tertentu misalnya di daerah Ciamis dan sekitarnya, kandang ayam tipe panggung ini dibuat di atas kolam ikan sehingga terkenal dengan sebutan longyam (balong ayam).

Keunggulan Kandang Ayam tipe panggung

Keunggulan kandang ayam tipe panggung ini diantaranya adalah sirkulasi udara yang bisa berjalan sangat baik dibandingkan dengan sirkulasi kandang ayam tipe lainnya karena udara bisa bergerak baik dari samping maupun bawah kandang. Dengan adanya sirkulasi udara yang sangat baik, maka temperatur di dalam kandang juga bisa terjaga sehingga ayam akan merasa sangat nyaman. Kandang panggung juga cocok dibangun pada daerah rawa-rawa, daerah dengan tanah bergelombang, serta tanah yang rawan binatang buas.
lantai kandang ayam panggung dibat berlubang atau sistem slat yang bisa berasal dari bahan utama bambu yang intinya ada slat kosong sekitar 2 cm antara bambu-bambunya. Tujuannya adalah agar udara bisa masuk melalui sela-sela lantai. Tinggi tiang penopang kandang (kaki kandang) bisa bervariasi tergantung dari daerah tempat tinggal kita, namun sebisa mungkin dibuat sehingga karyawan bisa bergerak dengan bebas ketika membersihkan kotoran pasca panen. Tinggi kandang yang disarankan adalah sekitar 1,8-2 meter dengan lebar kandang yang tidak lebih dari tujuh meter dan panjang antara 30-50 meter. Atap kandang sebaiknya menggunakan monitor.

kandang ayam panggung

kandang ayam panggung

Updated: August 26, 2014 — 11:43 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme